1 Juni Hari Apa? Berikut 3 Peringatannya

marketeers article
1 Juni Hari Apa? Berikut 3 Peringatannya. (123rf.com)

Pada bulan Juni 2024, kalender Masehi menandai beberapa peringatan hari besar. Salah satu yang penting adalah tanggal 1 Juni. 

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya 1 Juni itu hari apa. Tanggal ini tidak hanya menjadi hari libur nasional di Indonesia, tetapi juga memperingati beberapa hari besar internasional.

BACA JUGA: IFSOC: Kasus Binance & Coinbase Jadi Peringatan untuk Indonesia

Apa saja hari peringatan pada tanggal 1 Juni? Mari kita simak lebih lanjut:

1. Hari Lahir Pancasila

Tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila, sebuah peringatan penting di Indonesia. Peringatan ini bertujuan untuk menghormati perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara.

BACA JUGA: Gandeng BMKG, Shopee Hadirkan Fitur Peringatan Bencana

Mengutip laman resmi Kemendikbud, Hari Lahir Pancasila berakar dari sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang berlangsung dari 28 Mei hingga 1 Juni 1945. Tokoh-tokoh penting seperti Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno hadir dalam sidang tersebut. 

Pada sidang pertama itu, Soekarno menyampaikan pidato bersejarah “Lahirnya Pancasila” pada 1 Juni 1945, yang mengusulkan lima dasar negara Indonesia: Kebangsaan, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan Sosial, dan Ketuhanan yang Maha Esa.

Usulan ini kemudian disempurnakan oleh Panitia Sembilan, yang terdiri atas tokoh-tokoh nasional seperti Soekarno dan Mohammad Hatta. Pancasila disahkan dalam Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945 dan dimasukkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945.

Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 yang menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan hari libur nasional.

2. Hari Orang Tua Sedunia

Hari Orang Tua Sedunia juga diperingati pada tanggal 1 Juni. Berdasarkan situs resmi PBB, peringatan ini dimulai pada tahun 1980-an ketika PBB mulai memperhatikan isu-isu keluarga.

Majelis Umum PBB menetapkan 1 Juni sebagai Hari Orang Tua Sedunia pada 12 September 2012. Hari ini ditujukan untuk menghormati jasa orang tua yang telah merawat dan mendidik anak-anak mereka.

3. Hari Kesadaran Terumbu Karang

Peringatan lainnya pada tanggal 1 Juni adalah Hari Kesadaran Terumbu Karang Sedunia. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekosistem terumbu karang yang rapuh.

Hari ini menyatukan berbagai kalangan, mulai dari pencinta lingkungan hingga aktivis sosial, untuk mencari solusi dalam melindungi terumbu karang dari ancaman, seperti pemutihan karang, kenaikan suhu laut, dan polusi.

Dengan memperingati hari-hari besar ini, masyarakat diharapkan dapat lebih memahami pentingnya nilai-nilai dasar negara, menghargai peran orang tua, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related