Kunci Sukses AIA Capai Kinerja Positif di 2020

marketeers article
Milan, Italy August 10, 2017: AIA website homepage. It is the largest independent public listed pan-Asian life insurance group. AIA logo visible.

Perusahaan asuransi, PT AIA FINANCIAL (AIA) mencatatkan kinerja positif dengan total asset mencapai Rp 53,3 triliun pada 2020. Jumlah ini meningkat dari periode yang sama di tahun lalu (Rp 50 triliun). AIA menduduki posisi pertama untuk kinerja produk bancassurance dari segi new business total weighted premium income. AIA juga menempati posisi teratas dalam jumlah Uang Pertanggungan yang mencapai Rp 686 triliun. Pencapaian positif tersebut melampaui pencapaian di periode sebelum pandemi pada 2019. Lantas, apa yang menjadi kunci sukses AIA?

Di tengah peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan akibat pandemi COVID-19, AIA berhasil mencatatkan pendapatan premi Rp 13,5 triliun dengan rasio pencapaian solvabilitas hingga 630%. Angka ini tercatat jauh melebihi ketentuan pemerintah sebesar 120%. Hal ini menunjukkan, AIA yang mampu memenuhi kewajiban dalam jangka Panjang, termasuk melindungi seluruh nasabah.

Perusahaan yang merupakan bagian dari AIA Group ini memang memiliki pengalaman cukup Panjang. AIA Group sendiri telah 100 tahun memproteksi masyarakat di Kawasan Asia Pasifik.

“Pencapaian kinerja perusahaan adalah wujud kesiapan kami sebagai perusahaan asuransi untuk membantu nasabah menjalani hidup di tengah pandemic. Ini merupakan upaya berkelanjutan dari seluruh tim yang terlibat di AIA. Kami mengapresiasi para karyawan, tenaga pemasar, dan mitra bisnis atas dedikasi secara berkelanjutan dalam mewujudkan komitmen AIA untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik,” kata Presiden Direktur AIA, Sainthan Satyamoorthy di Jakarta, Snein (03/05/2021).

AIA juga terus membuktikan komitmen mereka dalam memproteksi nasabah dengan membayar total klaim dan manfaat sepanjang 2020 yang mencapai Rp 3,2 triliun dari produk asuransi konvensional serta unit Syariah.

Pencapaian positif ini menunjukan kekuatan jalur distribusi, brand terpercaya, kondisi finansial yang stabil dan kemampuan berinovasi telah membantu AIA untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah akan proteksi dan perencanaan keuangan jangka panjang.

Dalam mengembangkan bisnis, AIA fokus pada prioritas strategi yang mencakup Compelling Propositions, Unrivalled Distributions, Leading Customer Experience. 

AIA menghadapi pandemi secara responsif dengan meluncurkan berbagai inovasi produk dan layanan demi membantu nasabah menghadapi pandemi dengan rasa tenang. Beberapa inisiatif tersebut, antara lain layanan pemasaran tanpa tatap muka fisik, AIA DigiBuy; Proteksi Lebih yang memberikan manfaat tambahan santunan tunai Rp 1.500.000 per hari selama rawat inap hingga maksimum 30 hari jika nasabah positif terinfeksi COVID-19; Peluncuran berbagai produk seperti AIA Power Pro Life yang dipasarkan melalui kanal distribusi keagenan, produk Maxi Protection Plus yang dipasarkan di kanal bancassurance.

Di awal 2021, AIA juga meluncurkan AIA Vitality, terobosan program health & wellness yang terhubung dengan layanan inti perlindungan jiwa AIA di Indonesia sekaligus wujud inovasi dari konsep shared value yang diusung AIA. Program AIA Vitality memberikan berbagai manfaat reward termasuk cashback bagi nasabah yang berkomitmen untuk mewujudkan pola hidup sehat dengan konsep yang menyenangkan: Know Your Health, Improve Your Health, Enjoy The Rewards. 

Related