16 Tahun Beroperasi, SRC Gandeng 250 Ribu Toko Kelontong

marketeers article
SRC Catat Ada 250 Ribu Toko Kelontong di Indonesia. (Marketeers/Vedhit)

PT Sampoerna Retail Community (SRC), jaringan toko kelontong yang dibina oleh PT HM Sampoerna Tbk, mencatat ada sebanyak 250 ribu toko kelontong di Indonesia sepanjang Kuartal I-2024.

Jumlah toko kelontong yang tergabung dalam SRC tersebut tersebar di 38 provinsi dan tergabung dalam 8.200 paguyuban serta bermitra dengan lebih dari 6.300 toko grosir.

“Dari tahun 2008, SRC mulai dengan hanya 57 toko yang berlokasi di Medan. Kini, sudah ada 250 ribu toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Romulus Sutanto, Direktur Utama PT SRC Indonesia Sembilan saat acara media talkshow bertajuk “Bersama SRC 16 Tahun Konsisten Melangkah Jadi Lebih Baik” di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

Pria yang akrab disapa Romi ini menegaskan bahwa SRC telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi para pemilik toko dan masyarakat Indonesia. Dia menyebutkan bahwa pemilik toko yang bergabung dengan SRC mengalami kenaikan omzet hingga 42%.

BACA JUGA: 3 Inspirasi Strategi Meningkatkan Penjualan UMKM via Tokopedia dan TikTok

“Kontribusi omzet toko SRC terhadap perekonomian nasional mencapai Rp 236 triliun, yang setara dengan 11,36% Produk Domestik Bruto (PDB) ritel nasional,” ujar Romi.

Selain peningkatan omzet, Romi menjelaskan bahwa SRC juga memberikan dampak besar dalam aspek pengembangan usaha. Keberadaan SRC memungkinkan para pemilik toko kelontong untuk berkembang melalui program pembinaan yang diselenggarakan oleh tim SRC.

Aspek relasional dengan komunitas sekitar juga diperkuat melalui paguyuban UMKM yang tergabung dalam SRC. Hal ini mendorong kepercayaan diri para pemilik toko untuk melakukan inovasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

Lebih lanjut, Romi menargetkan bahwa tahun ini, toko kelontong yang telah menjadi mitra SRC dapat mengembangkan usaha mereka lebih besar lagi dengan dukungan pembinaan dari tim SRC.

BACA JUGA: Demand Bertumbuh, Paramount Land Ekspansikan Pertokoan The Hudson

“Tujuan kami bukan hanya untuk meningkatkan jumlah toko SRC, tetapi juga untuk memastikan lebih banyak toko kelontong SRC yang sukses dan berekspansi,” tutupnya.

Sebelumnya, pada Kuartal III 2023, jumlah toko SRC di seluruh Indonesia telah mencapai lebih dari 243.000 toko yang tergabung dalam 8.200 paguyuban dan aktif berkolaborasi dengan 6.300 Mitra SRC. Ini menunjukkan perkembangan pesat dan kontribusi signifikan SRC dalam sektor ritel nasional.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related