2 Pendekatan yang Bisa Dipilih Penjual di Promosi Berbayar Lazada

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
30 Oktober 2022
marketeers article
Promosi Berbayar Lazada berikan opsi mengiklankan produk sesuai kebutuhan penjual. | Foto: Lazada

Tidak hanya menjadi platform belanja yang menyediakan berbagai kebutuhan pelanggan, kini e-commerce juga memiliki fungsi sebagai mesin eksplorasi untuk menemukan produk dan tren terbaru. Memahami hal tersebut, Lazada pun menawarkan fitur Promosi Berbayar kepada para penjual serta brand.

Fitur ini diharap mampu menjembatani perilaku konsumen di ranah digital. Selain itu juga memenuhi pemanfaatan inovasi dan perkembangan teknologi sesuai kebutuhan promosi merek serta penjual.

“Berdasarkan survei internal kami, hampir separuh pelanggan e-commerce mendapatkan inspirasi berbelanja lewat apa yang mereka temukan melalui promosi iklan seperti paid search, push notification, hingga live streaming. Sebab itu, kami sadar bahwa promosi memegang andil penting dalam memenuhi kebutuhan bisnis dalam menjangkau target pasar secara tepat dan optimal,” kata Astrid Utari, Head of Marketing Solutions Lazada Indonesia dalam pernyataan resminya.

Promosi Berbayar Lazada memungkinkan brand dan penjual untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan promosi untuk mengembangkan tokonya di platform ini. Dari data dan algoritma terukur, fitur ini membantu penggunanya menjangkau target konsumen yang sesuai dengan memanfaatkan tampilan produk di dalam aplikasi.

Karenanya, fitur ini menawarkan dua jenis pendekatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pertama, promosi produk. 

Pendekatan ini memungkinkan pengguna meningkatkan exposure dan penampilan produk yang dipasarkan melalui laman Pencarian, Rekomendasi, dan Untukmu. Dalam aplikasi, fitur ini dapat dioptimalkan dengan konfigurasi manual maupun otomatis. 

Pengguna hanya akan membayar biaya promosi pada iklan yang berhasil diklik konsumen. Dengan demikian pengeluaran pun lebih hemat dan efisien.

Kedua, promosi afiliasi. Pendekatan ini memungkinkan pengguna memasarkan produk secara eksternal di luar aplikasi Lazada. 

Caranya melalui mitra afiliator yang akan mengajak pembaca atau follower menuju laman produk tertentu menggunakan tautan.

“Melalui Promosi Berbayar Lazada, kami ingin brand dan penjual bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal sehingga tak sekadar meningkatkan exposure produk pada laman yang ada di aplikasi. Tetapi, fitur ini juga mendorong mereka meningkatkan penjualannya dengan menjangkau target konsumen secara tepat dan membawa hasil,” tutur Astrid.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related