2 Tipe Wisatawan saat Memilih Hotel Versi RedDoorz, Apa Bedanya?

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
31 Oktober 2022
marketeers article
Tipe-tipe wisatawan ketika berlibur dan memilih hotel untuk menginap. | Foto: 123RF

Saat menyusun rencana perjalanan, untuk bisnis atau liburan seperti staycation, memilih hotel dan penginapan perlu direncanakan secara matang. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan seperti harga, jarak dengan destinasi yang ingin dikunjungi, perlengkapan, pelayanan, hingga estetikanya.

Hotel menjadi salah satu aspek penting ketika melakukan perjalanan. Pasalnya, di sanalah seseorang akan beristirahat setelah lelah beraktivitas.

RedDoorz dan Telkomsel tSurvey membagi tipe wisatawan menjadi dua kelompok ketika memilih hotel yaitu Essential Seeker dan Max Experience Seeker. Lalu, apa bedanya?

Fungsi

Essential Seeker cenderung melihat tempat hanya sebagai tempat yang memiliki lokasi strategis untuk beristirahat dan menaruh barang sementara. Ketika menginap, mereka sudah merasa puas dengan fasilitas standar yang tersedia di kamar, seperti ukuran kasur, adanya air minum, serta peralatan mandi. 

Berbeda dengan Max Experience Seeker menganggap hotel sebagai bagian penting dari perjalanannya. Lebih dari sekadar tempat beristirahat tetapi juga tempat mereka dapat memanjakan diri. 

Wisatawan tipe ini menginginkan tempat dengan fasilitas selengkap mungkin yang masih masuk dengan anggaran mereka. Biasanya, fasilitas yang diharapkan berupa penunjang hiburan seperti kolam renang, pusat olahraga, restoran, hingga taman bermain anak.

Prioritas

Ketika memilih hotel, Essential Seeker akan mempertimbangkan jarak penginapan dengan tempat yang akan dituju secara seksama. Mereka menginginkan tempat yang bisa diandalkan untuk menghemat waktu dan tenaga ketika melakukan perjalanan ke destinasi tersebut. Dengan demikian, mereka juga dapat lebih menekan pengeluaran.

Sementara itu, Max Experience Seeker lebih mempertimbangkan pelayanan dan estetika hotel yang ditawarkan, seperti pemandangan apa yang ditawarkan, apakah hotel tersebut memiliki pemandangan perkotaan atau alam yang indah. 

Tidak jarang, mereka mencari tempat yang memiliki pelayanan lengkap seperti therapy massage, airport shuttle, dan valet parking.

Anggaran

Essential Seeker cenderung menyisihkan sebagian besar anggaran untuk menyambangi tempat-tempat yang ingin dituju, bukan hanya menginap di penginapan tertentu. Karena itu, mereka biasanya puas dengan memilih tempat yang memiliki lokasi strategis, nyaman, dan bersih. 

Berbeda dengan the Max Experience Seeker, anggaran akan lebih dititikberatkan untuk menginap di hotel yang menawarkan fasilitas lengkap sesuai dengan ekspektasi mereka. Meski kamar yang berfasilitas lengkap dipatok dengan harga yang lebih tinggi, mereka sudah mempersiapkan dana untuk menginap di tempat tersebut.

Marketeers, kalian tipe yang mana?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related