3 Cara Lebih Berani Bereksplorasi dan Menemukan Minat Baru

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
08 Maret 2022
marketeers article
Salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam beberapa tahun terakhir adalah stres dan rasa jenuh. Keduanya seperti mudah hadir di tengah situasi yang tak menentu dan perubahan yang dinamis. Untuk mengatasinya, cara yang bisa diambil adalah menjadi lebih berani untuk bereksplorasi dan mencari minat baru.
Bahkan menurut informasi yang dirilis Kementerian Kesehatan, memulai atau mengembangkan hobi bisa menjadi cara mengendalikan stres dan mendapatkan jiwa yang sehat. Cara tersebut juga diyakini mampu membuat pikiran lebih tenang dan nyaman di situasi yang kurang kondusif.
Menyesuaikan dengan kemampuannya, ShopeePay ingin ikut berkontribusi untuk mendukung masyarakat untuk berani bereksplorasi mencari hal baru, Kali ini dengan persembahan Hari Cashback ShopeePay yang berlangsung hingga 15 Maret mendatang. Program ini menawarkan banyak promo menarik yang bisa dipilih pengguna untuk mendapatkan keperluan dalam mencari minat baru mereka.
“Kami harap sederet promo yang ShopeePay hadirkan dapat menjadi momentum bagi para pengguna untuk menemukan cara seru dalam mengeksplorasi hal baru, mulai dari minat, kegiatan, bahkan camilan,” ungkap Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari.
Tidak hanya memberikan promo dalam kampanye kali ini. ShopeePay juga memberikan tiga tips untuk menjadi lebih berani berekplorasi dan menemukan minat baru.
Konsisten Menikmati Proses
Ketika ingin memulai hal baru, kita harus sadar betul dan memasang mindset bahwa tidak ada proses yang instan. Karena itu, penting untuk mengapresiasi setiap progres kecil yang telah kita capai dan menyikapi jatuh bangun dengan pikiran yang lebih terbuka.
“Kunci utama dalam menjalani journey yang baru adalah konsisten, mengetahui bahwa kemungkinan terburuk bisa saja terjadi, serta mencari sisi yang menyenangkan agar terus semangat. Misalnya, mulai olahraga satu kali seminggu hingga menemukan ritme yang pas dan sense of accomplishment lalu naikkan target secara perlahan,” tutur Psikolog Saskhya Aulia Prima.
Gabung bersama Kelompok dengan Minat yang Sama
Untuk berani bereksplorasi dan mencari minat baru, kita sangat disarankan memiliki teman dengan minat yang sama. Sehingga kita bisa lebih terpacu untuk tetap gigih karena dapat saling menyemangati dan mengingatkan satu sama lain. Selain itu, mengerjakan sesuatu bersama teman dapat meminimalisir perasaan kesepian yang sering muncul akibat pandemi.
Hindari Overthinking
Keluar dari zona nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri untuk dilakukan. Terkadang, kita menjadi enggan untuk mencoba hal baru karena terlalu banyak memikirkan hal-hal lain yang belum tentu terjadi.
Sebagai langkah awal dalam mengeksplorasi hal baru, alih-alih menargetkan perubahan yang jauh di luar kebiasaan, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu. Contohnya, membaca artikel yang relevan atau tanya pendapat teman yang lebih berpengalaman. Tak hanya itu, eksplorasi hal baru dapat dimulai melalui hal sederhana dengan mengulik yang ada di sekitar.

Related