3 Film yang Perlu Ditonton sebelum Kingdom of the Planet of the Apes

marketeers article
Salah satu adegan dalam Kingdom of the Planet of the Apes (Foto: IMDb)

Kingdom of the Planet of the Apes resmi tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu (8/5/2024). Ini merupakan film keempat waralaba Saga Planet of the Apes yang kisahnya terpisah dari ketiga film sebelumnya, sehingga tidak lagi menampilkan Caesar sebagai karakter utama.

Film ini mengambil latar sekitar 300 tahun setelah peristiwa War for the Planet of the Apes. Saat itu, peradaban kera di Bumi muncul seiring kecerdasan spesies tersebut yang terus meningkat, namun peninggalan dan ajaran hidup Caesar mulai luntur

Meski diklaim sebagai sekuel yang terpisah, Anda disarankan tetap menonton film terdahulunya agar mengerti alur cerita dari Kingdom of the Planet of the Apes. Berikut urutannya:

BACA JUGA: Sinopsis Kingdom of the Planet of the Apes, Hadir dengan Nuansa Baru

Rise of the Planet of the Apes (2011)

Rise of the Planet of the Apes menceritakan asal usul waralaba Planet of the Apes versi reboot. Kisahnya bermula dari simpanse yang menjadi subyek tes obat alzheimer, lalu melahirkan kera cerdas yang hampir setara dengan manusia bernama Caesar.

Setelah dirawat oleh Will Rodman, Caesar mulai sadar bahwa kaumnya hanya jadi budak dan diperalat manusia. Ia pun berencana menjadikan kera-kera lain agar bisa cerdas seperti dirinya, yang lantas menjadi awal petaka pertikaian kaum kera dan manusia.

Dawn of the Planet of the Apes (2014)

Dawn of the Planet of the Apes melanjutkan kisah terkait pertikaian tersebut. Film ini mengambil latar beberapa tahun usai flu simian memusnahkan populasi manusia di Bumi, sehingga para kera mulai membangun koloni di sekitaran San Fransisco.

BACA JUGA: Despicable Me 4 Rilis Trailer dan Poster Baru, Ada Mega Minions

Kisahnya sendiri berfokus pada perundingan gencatan senjata demi upaya perdamaian antara kaum kera dan manusia. Namun, upaya tersebut gagal karena ada pengkhianatan dari kedua belah pihak.

War of the Planet of the Apes (2017)

War of the Planet of the Apes menitikberatkan pada akhir dari peperangan tak berkesudahan antara koloni kera dan manusia untuk menjadi penguasa terakhir di Bumi. Cerita bermula usai primata mengalami kekalahan telak.

Puncaknya, Caesar melakukan perjalanan balas dendam karena istri dan anaknya dibunuh oleh Kolonel Kerni. Namun, di tengah perjalanan, Caesar dihadapkan pilihan antara membalaskan dendam pribadi atau menyelamatkan koloninya.

Itulah tiga film yang perlu ditonton sebelum Kingdom of the Planet of the Apes. Sudahkah Anda menyaksikan ketiganya?

Related