3 Kunci Dasar Memulai Karier yang Gemilang

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
27 Maret 2022
marketeers article
Personal development, personal and career growth, progress and potential concepts. Coach (human resources officer, supervisor) motivate employee to growth.
Karier merupakan salah satu aset yang berharga dalam kehidupan. Hal yang menjadi poin penting agar dapat terus mempertahankan serta mengembangkannya adalah mengetahui bagaimana memulai karier dengan langkah yang tepat.

Cara seseorang memulai karier memang berbeda, namun kebanyakkan orang, terutama generasi muda. Pasalnya, tidak sedikit dari kita yang baru meniti karier kerap ragu dengan bagaimana menentukan kunci utama dalam memulai karier. Menjawab persoalan tersebut, Marketeers XFest 2022 menghadirkan Vice President of Operations Gojek Vendy Chandra yang membagikan kisah perjalanan kariernya. Pria yang akrab disapa Vendy ini pun membagika tiga key takeaways dalam memulai karier.

Vendy membuka kisahnya dengan adanya dorongan untuk menceritakan perjalanan kariernya kepada dirinya sendiri sepuluh tahun lalu sehingga dapat menjadi inspirasi. Dari sini, ia dapat menarik kesimpulan dan berbagi beberapa tips.
Tips awal bagi yang ingin memulai karier di usia kepala dua, yakni menemukan mentor. “Carilah mentor atau sosok orang yang sudah pernah menjalani passion, menjalani karier yang mungkin ingin teman-teman tuju. Dan mentor ini bisa memberitahu lika-liku dari perjalanan yang ingin diambil sehingga teman-teman bisa menghindari membuat kesalahan yang sama dari mentor tersebut,” jelas Vendy.

Vendy juga menyatakan bahwa bekerja di Gojek adalah sebuah dream job karena sesuai dengan aspirasinya dan dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengannya. Sebab itu, mencari karier yang benar-benar memenuhi passion dan memberikan tujuan merupakan hal penting.

Meskipun begitu, tidak mudah untuk mendapatkan dream job tersebut karena banyak risiko dan pengorbanan yang harus dilakukan. Semakin tinggi risiko yang diambil, maka akan semakin tinggi hasil yang didapatkan.

“Di sini ada tiga key takeaways yang ingin saya berikan ke diri saya, sepuluh tahun yang lalu, dan untuk teman-teman yang masih di usia 20-an, yang masih mencari karier yang tepat ke depannya,” tutur Vendy.
Pertama adalah karier pertama bukanlah karier masa depan. Apapun keputusan yang sudah diambil dalam kareir pertama, baik yang memang diinginkan atau dengan paksaan, yakinlah bahwa pilihan tersebut adalah yang terbaik. Walaupun tidak menjadi kareir masa depan, namun karier pertama dapat menjadi peluang untuk belajar dan berusaha semaksimal mungkin.
“Pekerjaan pertama adalah sebuah langkah awal untuk belajar paling banyak dan akhirnya mencari tahu potensi atau passion karier ke depannya,” imbuh Vendy.

Kedua, selalu menjadi uncomfortable karena di saat seseorang merasa nyaman dengan keadaan atau kariernya, maka akan membuat suatu keinginan untuk mencari hal baru guna mengembangkan diri. Sedangan saat berada di sisi uncomfortable, maka akan memberikan dorongan untuk mengeksplorasi perjalanan lainnya sehingga mencapai titik nyaman selanjutnya.

Ketiga, kunci terpenting adalah percaya pada diri sendiri. Saat seseorang sudah mempercayai diri sendiri serta yakin dengan apa yang diinginkannya, maka passion akan berperan besar dalam mencapai suatu impian. Ketahuilah mana hal yang dibutuhkan dan hal yang benar-benar diinginkan.

“Mudah-mudahan tiga key takeaways ini bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman dalam mengetahui how to kickstart your career,” tutup Vendy.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related