3 Manfaat Memeluk Kucing untuk Kesehatan Mental, Bisa Kurangi Stres

marketeers article
Ilustrasi memeluk kucing (Foto: 123rf)

Bagi Anda yang memelihara kucing, tentu berinteraksi dengannya bukanlah sesuatu yang baru. Namun ternyata, ada momen yang didedikasikan untuk memanjakan hewan berkaki empat ini dengan pelukan.

Momen tersebut adalah Hari Peluk Kucing Internasional, yang diperingati setiap tanggal 30 Mei. Ini merupakan bentuk penghargaan terhadap kucing peliharaan, sekaligus menjadi kesempatan tepat untuk memanjakannya.

Bukan sekadar seremonial, memeluk kucing sejatinya juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan mental. Melansir Alodokter, hanya dengan mengelus atau mengajak kucing bermain saja sudah bisa melepas penat dan stres seketika.

BACA JUGA: Merasa Stres saat Merawat Lansia? Ini 6 Cara Mengatasinya

Tidak hanya itu, masih ada sederet manfaat memeluk kucing bagi kesehatan mental. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Animals (2021) menemukan bahwa memelihara kucing, termasuk juga memeluknya, dapat mengurangi kecemasan dan stres. Sebab, ini merangsang pelepasan endorfin dan oksitosin dalam tubuh.

Kedua hormon tersebut bisa memicu rasa bahagia, sehingga stres pun berkurang. Tidak hanya itu, suara dengkur kucing dapat membantu menenangkan sistem saraf, sehingga Anda bisa merasa lebih lega dan rileks saat mengalami stres.

Mengurangi Rasa Kesepian

Sama halnya dengan memeluk manusia, tubuh akan berbagi rasa emosional begitu mendekap kucing. Hal ini mampu memberikan perasaan aman dan nyaman, sehingga Anda tidak terlalu merasa kesepian saat tinggal sendiri.

BACA JUGA: Mirip Kecanduan Medsos, 3 Gangguan Mental Ini Bikin Susah Konsentrasi

Menjaga Kesehatan Mental secara Menyeluruh

Selain mengurangi kecemasan, manfaat memelihara kucing di rumah bisa membuat kesehatan mental Anda membaik secara keseluruhan. Studi yang dimuat dalam jurnal Anthrozoös (2015) menemukan bahwa memiliki kucing di rumah memberikan efek positif.

Di antaranya menambah rasa bahagia, meningkatkan percaya diri, mengurangi rasa cemas, memperbaiki kualitas tidur, mempertajam fokus, hingga mampu menghadapi masalah dengan lebih baik. Itulah beberapa manfaat memelihara kucing, termasuk memeluknya yang sampai didedikasikan menjadi Hari Peluk Kucing Internasional. 

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, jangan lupa untuk memanjakannya karena ini bisa meningkatkan kesehatan mental diri sendiri.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related