4 Cara Dapatkan Passive Income dengan Modal Kecil Biar Makin Cuan

marketeers article
Ilustrasi. (Sumber: 123rf)

Di tengah kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang, memiliki passive income tentu saja menjadi keinginan semua orang. Passive income sendiri bukan berarti menghasilkan uang tanpa bekerja atau usaha, melainkan tanpa keterlibatan secara terus menerus.

Hal ini tentu saja berbeda dengan active income yang merupakan penghasilan didapat karena secara aktif terlibat dalam proses menghasilkan pemasukan. Contohnya gaji dan laba bersih dari hasil berdagang merupakan contoh dari active income.

Sementara itu, passive income, contohnya hasil sewa properti, royalti yang diterima musisi, dan dividen yang diterima investor saham. Di sisi lain, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income dengan modal kecil sehingga bisa dilakukan oleh para pekerja dan mahasiswa.

BACA JUGA 5 Tips Sebelum Memulai Side Hustle, Bisa Tambah Pemasukan Bulanan

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ide tetap cuan dari passive income dengan modal terbatas:

1. Bisnis dropshipping

Model bisnis yang satu ini telah banyak dilirik para pekerja. Pasalnya, bisnis dropshipping menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi siapa pun yang ingin mencoba untuk berjualan online tanpa terbebani oleh inventaris dan logistik.

Dengan menjalani peran sebagai dropshipper, Anda cukup fokus aspek kreatif dan strategi bisnis, termasuk memasarkan produk yang dijual hingga menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Sementara itu, supplier atau pemasok akan menangani proses pemenuhan pesanan, mulai dari pengemasan hingga pengiriman produk.

2. Menjual stok foto

Bagi Anda yang memiliki skill di bidang fotografi, hasil karya yang Anda dapatkan bisa dijadikan passive income yang menguntungkan dengan menjualnya di situs-situs yang menjual stok foto.

Selama industri konten masih berjalan, stok foto dan ilustrasi digital akan terus dicari. Stok foto, ilustrasi, dan vector ini umumnya digunakan media digital dalam pembuatan konten.

Selain menjual foto, jika Anda adalah seorang desainer grafis dan seniman digital, Anda juga dapat menjual karya Anda di situs-situs stok seperti ini.

BACA JUGA 4 Tips Penting Mengelola Keuangan di Era Gen Z

3. Affiliate marketing

Berikutnya, Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing. Dengan mengikuti program ini, Anda perlu mengunggah link produk dan mengembangkan akun.

Meski membutuhkan perhatian secara terus menerus, akan tetapi keterlibatan yang relatif lebih minim dibandingkan bekerja aktif. Anda dapat mengikuti program affiliate dari beberapa situs e-commerce dengan skema bagi hasil yang cukup menguntungkan bila ada konsumen yang membeli produk melalui link yang disediakan.

4. Membuat short-form video

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income adalah dengan menjadi content creator di media sosial dengan membuat short form video.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir jenis konten seperti ini begitu digandrungi selama beberapa tahun terakhir. Sedikit tips untuk menjadi kreator yang sukses, Anda perlu memahami karakter audiens yang dituju dan membuat satu ciri khas yang menarik. 

Editor: Ranto Rajagukguk

Related