4 Film Bertema Poligami yang Bikin Fedi Nuril Jadi ‘Duta’ Beristri Dua

marketeers article
Fedi Nuril saat memerankan karakter yang berpoligami (Foto: IMDb)

Fedi Nuril didapuk menjadi pemeran utama untuk film Satu Imam Dua Makmum. Ini merupakan proyek comeback Ratih Kumala sebagai penulis naskah usai sebelumnya sukses dengan serial Gadis Kretek.

Film yang akan digarap oleh Key Mangunsong ini mengusung konsep tentang bagaimana cinta bisa menjadikan seseorang belajar ikhlas sekaligus adil sejak dalam pikiran. Ceritanya memang sangat berbeda dengan Gadis Kretek, namun tetap menyoroti sosok perempuan yang kuat.

Meski alur cerita Satu Imam Dua Makmum belum diketahui lebih detail, tak sedikit warganet yang berspekulasi kalau film ini akan mengangkat isu poligami. Fedi Nuril sendiri bahkan menanggapi guyonan di X yang seolah menyebutnya ‘spesialis beristri dua’.

BACA JUGA: Sinopsis Gadis Kretek, Serial Indonesia yang Mendunia di BIFF 2023

Fedi kalo ga poligami scriptnya dibalikin lagi ke penulis,” cuit akun tersebut yang lantas ditimpali oleh sang aktor, “Boro2 balikin script. Baru duduk mulai meeting pertama belum tahu ceritanya apa, gue langsung nanya, ‘Istri gue berapa?”. ‘Satu, Mas.’ Langsung bangun terus pulang.”

Fedi sendiri memang kerap dicap sebagai ‘duta’ poligami karena sering memerankan karakter suami yang menikah lagi. Aktor kelahiran tahun 1982 itu bahkan mengurutkan sendiri daftar film yang diperankannya sebagai sosok yang berpoligami.

Film apa sajakah itu? Berikut daftarnya beserta sinopsisnya:

Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta mengikuti kisah Fahri bin Abdillah, laki-laki yang sedang menempuh pendidikan master di Al-Azhar, Mesir. Ia terkenal sebagai sosok ‘lurus’ yang tidak pernah pacaran, bahkan kurang artikulatif saat berhadapan dengan perempuan.

Namun, itu semua berubah ketika ia bertemu dengan Maria Girgis. Sejak perkenalannya dengan tetangga satu flat di Mesir itu, Fahri mulai berinteraksi dengan lawan jenis hingga mempoligami beberapa di antaranya.

BACA JUGA: 4 Hal yang Bikin Pasangan LDR Rentan Selingkuh

Ayat-Ayat Cinta 2

Ayat-Ayat Cinta 2 melanjutkan kisah Fahri selepas menyelesaikan studinya di Mesir dan pindah ke Skotlandia. Dirinya sedang dalam posisi berkabung karena sang istri, Aisha, menghilang saat melakukan perjalanan menuju Palestina.

Di tengah diskriminasi yang diterimanya di Eropa, Fahri bertemu dengan Hulya yang ternyata masih memiliki hubungan keluarga dengan Aisha. Ia juga dihadapkan dengan Keira, gadis kelahiran Skotlandia yang membecinya.

Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan mengikuti perjalanan rumah tangga Arini dan Prasetya yang semula baik-baik saja, namun suatu hari harus mendapat ujian karena kehadiran orang ketiga. Prasetya diam-diam berpoligami tanpa sepengetahuan Arini.

Surga yang Tak Dirindukan 2

Surga yang Tak Dirindukan 2 melanjutkan kehidupan rumah tangga Prasetya, yang kini telah menikah dengan Arini dan Meirose. Kisahnya berfokus pada sang istri kedua yang harus memilih antara bertahan atau melepaskan Prasetya demi kebagahigaan Arini.

Itulah beberapa film yang dibintangi Fedi Nuril sebagai karakter yang berpoligami. Tertarik menonton salah satunya?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related