4 Film Horor Indonesia Adaptasi Kisah Nyata, Terbaru Vina: Sebelum 7 Hari

marketeers article
Salah satu adegan dalam Vina: Sebelum 7 Hari (Foto: YouTube)

Vina: Sebelum 7 Hari akan segera tayang di bioskop mulai Rabu (8/5/2024). Ini merupakan film horor yang diangkat dari kisah nyata, yaitu kejadiaan nahas yang menimpa seorang perempuan bernama Vina pada tahun 2016.

Kala itu, Vina dan kekasihnya, Eky ditemukan meninggal dunia dengan kondisi tubuh hancur di jalan layang Cirebon. Kematian mereka mulanya diduga akibat kecelakaan lalu lintas, namun pihak keluarga menemukan banyak kejanggalan.

Sayangnya, tak ada bukti yang cukup untuk menyangkal laporan kecelakaan. Tanpa disangka, arwah Vina pun merasuki tubuh sahabatnya, Linda, untuk mengungkapkan kebenaran di balik kematiannya dalam tujuh hari. 

BACA JUGA: Sinopsis Vina: Sebelum 7 Hari, Film yang Diangkat dari Kisah Nyata

Kisah nyata yang menjadi viral tidak hanya mengilhami para sineas untuk membuat film Vina: Sebelum 7 Hari. Ada beberapa film yang juga diangkat dari kejadian nyata, antara lain sebagai berikut:

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul merupakan hasil adaptasi dari kisah nyata yang dialami Hari Kurniawan alias Om Hao. Ia adalah seorang YouTuber yang terkenal punya kemampuan untuk melihat dan berbicara dengan makhluk halus.

Kisahnya mengikuti perjalanan Om Hao ke masa lalu untuk mencari seorang murid hilang, yang ternyata jadi korban dari sosok pocong gundul. Namun, setelah berhasil menyelamatkan sang murid, Hao justru mendapatkan teror dari sang pocong gundul.

Danur

Danur merupakan hasil adaptasi dari buku Gerbang Dialog Danur, yang di dalamnya memuat pengalaman pribadi Risa Saraswati. Ia adalah seorang indigo yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus dan bisa berkomunikasi dengan mereka.

BACA JUGA: The Exorcist dan 4 Film Horor Adaptasi Kisah Nyata

Film ini memperlihatkan bagaimana Risa berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata. Cerita yang demikian sukses menjadi franchise horor yang terdiri atas beberapa film dan juga diangkat dari pengalaman nyata Risa.

Munkar

Munkar diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di sebuah pondok pesantren di Lamongan, Jawa Timur. Konon, tempat tersebut mengalami teror horor dari arwah santri bernama Herlina, yang mengalami kecelakaan saat berusaha kabur untuk menghindari hukuman.

KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari mengisahkan tentang perjalanan sekelompok mahasiswa yang melakukan KKN di sebuah desa yang ternyata menyimpan banyak misteri. Kisah nyata itu kemudian ditulis kembali oleh SimpleMan hingga menjadi viral di media sosial pada 2019 lalu.

Itulah beberapa film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata. Tertarik menyaksikan salah satunya?

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related