4 Hal yang Bikin Pasangan LDR Rentan Selingkuh

marketeers article
Ilustrasi selingkuh saat LDR (Foto: 123rf)

Pernahkah Anda mendengar istilah yang mengatakan lebih baik putus ketimbang menjalin long distance relationship alias LDR? Ini bukan gertakan belaka, sebab sejatinya memang ada orang yang memilih mengakhiri hubungan daripada harus terpisah jarak.

Keputusan itu, salah satunya, dilandaskan akan rasa takut diselingkuhi. Mungkin awalnya tidak bermaksud mendua, tapi terpisahnya jarak dengan pasangan memberi peluang bagi seseorang untuk bertemu lebih dekat dengan orang lain.

“Witing tresno jalaran soko kulino (cinta datang karena terbiasa)” barangkali menjadi istilah yang tepat untuk mendeskripsikan situasi tersebut. Selain itu, ada berbagai alasan lain yang membuat pasangan LDR rentan selingkuh.

BACA JUGA: Patah Hati Bisa Bikin Depresi, Cegah dengan 4 Cara Ini

Merangkum berbagai sumber, berikut penjelasannya:

Kesepian

Jarak fisik yang terpaut jauh bisa menimbulkan rasa kesepian. Ini mungkin membuat seseorang merasa kurang terhubung dengan pasangannya, sehingga ia akan mencari koneksi emosional atau fisik dengan orang lain untuk mengisi kekosongan tersebut.

Ketersediaan

Saat seseorang berada jauh dari pasangannya, ia bisa saja merasa kalau hal ini adalah peluang yang lebih besar untuk bertemu dengan orang baru. Ketersediaan ini lantas akan meningkatkan kemungkinan ia terlibat dalam hubungan yang tidak pantas.

BACA JUGA: Manfaat dan Bahaya Sleep Call, Kebiasaan Gen Z yang Dijadikan Film

Kurang Komunikasi

Komunikasi tidak memadai atau minimnya waktu bersama pasangan bisa membuat seseorang merasa kurang terhubung secara emosional. Hal inilah yang akhirnya menjadi alasan seseorang untuk mencari dukungan atau penghiburan di luar hubungan yang sedang dijalani.

Ketidakpercayaan atau kecurigaan

Anda mungkin jadi lebih mudah curiga saat pasangan tidak menjawab chat atau menolak ajakan video call, bahkan merasa cemburu begitu melihat interaksi si dia dengan orang baru di media sosial. Hal ini bisa membuat jengah hingga sering bertengkar, sampai berakhir putus.

Itulah beberapa alasan yang membuat pasangan LDR rentan selingkuh. Jika Anda hendak melakukan hubungan jarak jauh, pastikan sudah mengomunikasikan segala hal dengan pasangan dan berkomitmen satu sama lain.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related