4 Profesi Pilihan Bagi Kamu yang Suka Main Game, Intip Gajinya!

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
01 Oktober 2022
marketeers article
Ilustrasi: 123RF

Anggapan bahwa bermain game hanya membuang waktu, kini mulai pudar seiring dengan semakin banyaknya pehobi yang memiliki profesi dengan main game. Tidak sedikit dari mereka mendulang keuntungan hingga memiliki karier yang gemilang.

Pasalnya, di era yang serba digital seperti sekarang ini, kita bisa mengembangkan potensi diri yang ada sesuai dengan kesenangan yang kita suka. Lantas profesi apa saja sih yang bisa kita geluti lewat bermain game?

Gamer Profesional/Pro Player

Profesi pertama tentunya gamer profesional. Kembangkan skill gaming kamu, dan sering mengikuti turnamen yang ada untuk meningkatkan reputasi di dunia game.

Mulailah dari turnamen berskala kecil di level lokal, hingga nanti bisa sampai ke level internasional, yang tentunya dengan hadiah yang menjanjikan. Walaupun untuk menjadi gamer profesional tidak mudah, kamu harus terus bekerja keras serta memiliki dedikasi yang tinggi untuk ini.

Untuk gaji seorang pro player memang sangat variatif. Mengutip dari berbagai sumber, gaji untuk seorang pro player mulai dari Rp 4,4 juta hingga Rp 300 jutaan.

Streamer

Profesi ini mungkin sedang jadi profesi nge-hits di kalangan anak muda terutama di bidang esports atau game online. Pastinya kamu juga bisa membuat berbagai macam konten positif yang bermanfaat mulai dari berita ter-update mengenai tim atau para pemain esports.

Konten video di YouTube menjadi salah satunya yang banyak dipilih oleh para streamer atau vlogger yang berperan sebagai seorang yang membagikan konten mengenai suatu turnamen game online, memperlihatkan kemampuan bermain. Dengan car aini, kamu bisa mendekatkan diri ke komunitas game.

Soal pendapatan, mengutip dari engadget platform Twitch punya program yang menarik dengan menawarkan ad incentive program (AIP). Secara umum, program ini meminta durasi streaming selama 40 jam setiap bulan. Streamer yang sanggup memenuhi dan bersedia menayangkan iklan selama 2 menit per jam akan mendapatkan penghasilan tetap senilai US$ 100 dolar (Rp 1,5 juta).

Ada pula opsi penghasilan US$ 300 dolar (Rp 4,5 juta) jika streamer bersedia menjalankan iklan tiga menit per jam, serta US$ 500 dolar AS (Rp 7,6 juta) untuk iklan empat menit setiap jamnya.

Caster

Pernahkah kamu mendengar nama caster? Caster ini bisa dikatakan sebagai komentator pertandingan dari sebuah turnamen esports yang membuatnya menjadi lebih seru ketika ada profesi caster di dalamnya.

Tidak jauh berbeda dengan komentator pertandingan sepak bola, caster dapat membuat pertandingan terasa lebih menarik untuk diikuti. Karena itu, seorang caster juga harus memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang game yang disiarkan.

Mengutip dari berbagai sumber, seorang caster pemula umumnya mendapatkan bayaran yang sangat variatif, mulai dari 100 ribu per event, 250 ribu, hingga 1,5 juta untuk satu hari.

Mengutip dari esportslane, caster di level medium hingga caster level tinggi bisa meraup gaji US$ 25 ribu (sekitar Rp 380 juta per tahun atau Rp 31 juta per bulan) hingga US$ 75 ribu per tahun (sekitar Rp 1,1 miliar per tahun atau Rp 90 jutaan per bulan) di Amerika.

Bayaran ini bisa didapat oleh mereka yang bekerja secara individu atau ikut bersama sebuah talent management yang akan digaji secara bulanan.

Content Writer

Content writer atau penulis cerita di dalam game online ada juga loh. Pekerjaan ini cocok untuk gamers yang suka menulis. Yap, pekerjaan game writer biasanya dibutuhkan untuk game yang memiliki narasi dan alur yang mendalam.

Game action-adventure, misalnya. Game ini membutuhkan narasi yang kuat untuk membangun gameplay-nya. Bahkan, di The Game Awards pun ada kategori khusus Best Narrative yang diberikan kepada game dengan story terbaik. Biasanya, game writer akan bekerja sama dengan game designer dan voice over untuk menyampaikan ceritanya.

Soal gaji, seorang content writer freelance berdasarkan berbagai sumber bisa mendapatkan pendapatan Rp 2 juta hingga lebih dari Rp 4 juta.

Itulah beberapa profesi kekinian yang bisa kamu tekuni dari hobi bermain game online. Dan untuk menekuni skill kamu bermain game online, tentunya kamu membutuhkan koneksi Internet yang stabil, dan anti nge-lag. Kondisi ini yang ditangkap oleh Biznet sebagai penyedia layanan internet melalui produk Biznet Home Gamers.

Biznet Home Gamers merupakan layanan internet dari Biznet Home yang memberikan bandwidth sampai dengan 250 Mbps plus IP Public. Kecepatan ini diklaim mampu menunjang kamu saat bermain game online tanpa nge-lag, sehingga kamu akan tetap lancar tanpa hambatan saat bermain game.

Related