4 Serial dan Film Adaptasi Sherlock Holmes Terbaik, Penuh Teka-Teki!

marketeers article
Serial dan film adaptasi Sherlock Holmes (Foto: IMDb)

Siapa yang tak pernah mendengar nama Sherlock Holmes? Tokoh detektif ini rupanya memiliki momen khusus yang didedikasikan untuk menghormati kejeniusan penciptanya, Arthur Conan Doyle, yang diperingati setiap 22 Mei.

Sejak 2013, para penggemar detektif fiktif tersebut sepakat untuk memperingati Hari Sherlock Holmes yang bertepatan dengan hari lahir Sir Arthur. Pengetahuannya yang mendalam tentang deduksi membuat Holmes menjadi karakter sastra yang tak lekang ditelan zaman.

Pertama kali diterbitkan pada 1886, kisah Sherlock Holmes hingga kini telah diadaptasi menjadi berbagai serial dan film. Dari sekian banyak karya yang ada, berikut rekomendasi adaptasi terbaik:

BACA JUGA: 6 Film Thriller Minim Dialog Serupa Monster

Sherlock (2010 – 2017)

Sherlock adalah serial adaptasi novel Sherlock Holmes yang dimodernisasi. Dari 2010 hingga 2017, serial yang bisa disaksikan di Prime Video ini telah menayangkan empat musim dengan masing-masingnya menyuguhkan kasus penuh teka-teki.

Kisahnya mengikuti Sherlock Holmes, detektif swasta di London yang berbagi tempat tinggal dengan seorang dokter tentara bernama John Watson. Keduanya bersama-sama memecahkan misteri pembunuhan sekaligus berhadapan dengan musuh bebuyutan Holmes, Moriarty.

Sherlock Holmes (2009)

Film berdurasi dua jam delapan menit ini menceritakan serangkaian pembunuhan brutal yang terjadi di London. Sang kriminal, yaitu Lord Blackwood, ditangkap oleh detektif dan Dr. Watson hingga akhirnya dijatuhi hukuman gantung. 

Namun, Lord Blackwood hidup kembali dan melanjutkan aksi pembunuhannya. Hal ini membuat Holmes harus melakukan perburuan sekali lagi untuk mengungkap petunjuk tentang jaringan pembunuhan, penipuan, serta ilmu hitam.

BACA JUGA: Sinopsis Film I, The Executioner yang Tayang Perdana di Cannes 2024

Elementary (2012 – 2019)

Elementary merupakan serial yang mengangkat premis cukup berbeda, yang mana John Watson adalah seorang perempuan dan mengambil latar di New York yang modern. Sherlock Holmes pun digambarkan lebih dinamis, modern, dan santai, sesuai vibes kota New York.

Serial yang memiliki tujuh musim ini berangkat dari persekutuan seorang pecandu narkoba yang sedang di tahap pemulihan, Sherlock Holmes, dengan Joan Watson. Mereka membantu Kapten Gregson dan Detektif Bell dari NYPD untuk mengungkap serangkaian kasus rumit.

Mr. Holmes (2015)

Film berdurasi satu jam 44 menit ini mengambil latar tahun 1947 ketika sang detektif sudah tua. Ia masih dihantui kasus terakhirnya yang belum terpecahkan. Bebannya pun bertambah saat dirinya harus memecahkan tiga misteri yang berhubungan dengan kasus tersebut. 

Di tengah kekacauan tersebut, Holmes yang sudah tua itu justru dihadapkan dengan gangguan demensia. Sang detektif pun harus berjuang keras untuk mengumpulkan potongan-potongan ingatannya yang tersisa. 

Editor: Ranto Rajagukguk

Related