4 Tips Makeup Antiluntur saat Cuaca Panas, Bisa Awet Seharian!

marketeers article
Ilustrasi makeup di tengah cuaca panas (Foto: 123rf)

Cuaca panas sering kali membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Hal ini tidak hanya berpotensi menimbulkan bau badan, tapi juga dapat mengganggu penampilan makeup

Riasan wajah bisa menjadi luntur sehingga menampilkan tampilan yang berantakan. Tentu sangat disayangkan bila makeup yang telah diaplikasikan sedemikian rupa malah luntur dengan cepat begitu Anda beraktivitas. 

Kabar baiknya, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk membuat riasan wajah tahan lama. Berikut adalah sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah riasan wajah yang luntur akibat keringat selama cuaca panas:

BACA JUGA: Rahasia Tetap Cantik saat Panas Ekstrem: Pilih Sunscreen yang Tepat!

Utamakan Hidrasi Kulit

Sebelum mengaplikasikan makeup, lakukan skin preparation dengan fokus utama menghidrasi kulit. Pasalnya, cuaca panas mudah membuat tubuh dan kulit kekurangan cairan, maka penuhi hidrasi dengan mengonsumsi air putih dan memakai pelembap.

Tambahkan pelembap yang dapat mengunci hidrasi ke dalam skincare routine Anda. Khusus untuk penggunaan sebelum makeup pada pagi hari, pilihlah jenis pelembap dengan kandungan yang ringan.

Gunakan Base yang Ringan

Selanjutnya, gunakanlah base makeup yang ringan seperti cushion. Sebaiknya jangan gunakan foundation yang berat, sebab ini dapat menyebabkan cakey bahkan menyumbat pori-pori saat tercampur keringat.

Jika coverage dari cushion saja dirasa masih kurang, Anda dapat mengakalinya dengan menambahkan concealer. Selain itu, Anda juga bisa memadukan concealer dengan BB cream setipis mungkin.

BACA JUGA: 5 Tren Makeup yang Diperkirakan Viral pada Tahun 2024

Gunakan Maskara Waterproof

Untuk makeup mata, formula yang tahan air atau waterproof bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena itu, pastikan Anda menggunakan maskara waterproof dari akar ke ujung bulu mata agar tidak luntur saat keringat mengalir dari dahi.

Akhiri dengan Setting Spray

Setelah selesai berdandan, jangan lupa untuk menyemprot setting spray di seluruh wajah. Hal ini bertujuan untuk ‘mengunci’ maekup serta melembapkan kulit wajah, sehingga membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah luntur di cuaca panas 

Untuk makeup yang lebih tahan lama, setelah menyemprotkan setting spray, Anda bisa menambahkan setting powder ataupun loose powder tipis-tipis dengan menggunakan brush

Itulah beberapa tips agar riasan wajah tidak mudah luntur di tengah cuaca panas. Selamat mencoba!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related