4 Tips Untuk UKM Dalam Berwirausaha

marketeers article
4 Tips Untuk UKM Dalam Berwirausaha (FOTO: Marketeers/Bernad)

Usaha mikro, kecil, dan menengahRekomendasi 5 Film yang Kental Budaya Tionghoa untuk Rayakan Imlek alias UKM tentu membutuhkan segala bantuan untuk menyukseskan bisnisnya, termasuk sekdar tips dalam berwirausaha. Marketeers menemui sejumlah pelaku usaha yang mampu merintis usahanya melalui pandemi, dan berkembang di era kini.

Dalam perjumpaan tersebut, ada beberapa tips yang dirangkum oleh Marketeers.

1. Find Your Why

Bukan find your way, tapi find your why. Pelaku usaha perlu melihat kembali ke dalam diri masing-masing untuk mencari mengapa bisnis yang dijalankan perlu untuk bertahan dan sukses.

Lika-liku sebagai pebisnis tak selalu sama. Ada yang terjebak dalam zona nyamannya sendiri, ada juga yang merasa bahwa bisnis perlu berkembang secara cepat, sehingga merasa bahwa tak cukup sehari hanya ada 24 jam.

Karenanya, pebisnis perlu mencari tahu kembali kenapa bisnis yang dijalani perlu untuk bertahan.

“Kenapa find your why itu penting, supaya kita lebih bisa konsisten. Konsisten itu membuat bisnis jadi kuat, dan tujuan itu menguatkan kita sampai ujung energi kita,” kata Co-Founder Prepp Studio, Satria Adiyasa dalam acara Konferensi Pers: Tokopedia Fashion Market 2024, Rabu (7/1/2024).

BACA JUGA: Pertamina Salurkan Kredit UKM Rp 141,9 Miliar pada 2023

2Find Your Partner

Tidak ada yang salah dengan bisnis yang dijalankan seorang diri. Namun, perjuangan merintis bisnis tentu akan lebih ringan bila dibantu oleh mitra atau partner yang tepat.

Inilah mengapa ada istilah co-founder. Bahwa mendirikan dan membesarkan bisnis terkadang memerlukan bantuan.

“Kadang-kadang partner yang bisa membantu kita untuk bisa bertahan. Partner yang bertahan di saat-saat susah adalah partner yang mampu menguatkan satu sama lain,” ujarnya.

3. Mampu melihat peluang

Kesuksesan bisnis sejatinya tak lepas dari peluang. Pemanfaatan peluang yang tepat mampu mendorong pertumbuhan bisnis bahkan hingga di luar ekspektasi.

Bisnis perlu melihat peluang yang ada dan berani mengambil keputusan untuk memulai di tengah tidak ada bisnis lain yang berani.

“Jadi memang kita harus bisa melihat peluang dan juga harus berani ketika memutuskan untuk mengambil peluang tersebut,” kata Co-founder Benang Jarum, Kanya Trihapsari.

BACA JUGA: Wajib Paham, 7 Strategi Keuangan UKM untuk Pengembangan Bisnis

4. Kenali Customer

Tips terakhir untuk UKM dalam berwirausaha adalah mengenali konsumennya. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu mengenali pasarnya, terutama konsumennya sendiri.

Di zaman yang serba canggih, konsumen kini menuntut agar pelayanan bisnis semakin personal kepada pelanggan. Tak sekadar memperlakukan pelanggan bak sapi perah, bisnis perlu untuk menjalin hubungan yang lebih intim dengan konsumen.

“Kita harus kenal juga sama customer kita. Kita harus tahu kebutuhan mereka seperti apa, dan produk kita harus mampu mengakomodasi kebutuhan itu,” kata Lead Marketing Merché, Zein Witriandani.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related