Perkuat Pasar, Grab Bangun Pusat R&D di India dan Vietnam

marketeers article

Grab mengumumkan peresmian dua pusat R&D barunya yang terletak di Bangalore, India dan Ho Chi Minh City, Vietnam. Pusat R&D ini semakin memperluas R&D global Grab di beberapa negara.

Dalam dua tahun ke depan, Grab berencana membuka 800 lapangan pekerjaan di bidang R&D yang tersebar di Beijing, Bangalore, Jakarta, Vietnam, Singapura, dan Seattle. Ekspansi ini akan mendukung platform transportasi multi-layanan Grab dan sistem pembayarannya yang tengah berkembang pesat di wilayah Asia Tenggara. Termasuk peluncuran tiga layanan transportasi baru pada kuartal lalu, yakni GrabShare, GrabCoach, dan GrabShuttle, serta GrabRewards, program loyalitas pelanggan.

“Di Grab, kami fokus pada upaya untuk mengatasi sejumlah permasalahan lokal tersulit melalui teknologi. Asia Tenggara tengah berkembang dengan sangat cepat dan kami memiliki peluang baru untuk menyediakan platform yang dapat memenuhi kebutuhan lingkungan mobile-first dan infrastruktur di kawasan ini. Untuk mengatasi tantangan tersebut dibutuhkan gabungan dari pemahaman lokal yang kuat dan engineering terbaik,” ujar Hooi Ling Tan, Co-founder Grab.

Ia menilai bahwa dalam mengembangkan produk, Grab selalu menyesuaikan dengan kebutuhan dari tiap negara sembari mencari talenta terbaik di negara tersebut. Seiring dengan pengembangan produk-produknya, Grab memanfaatkan model dimana tim engineering yang ada tersebar sehingga dapat mengakses keahlian-keahlian spesifik di setiap pusat R&D Grab di seluruh dunia.

“Para engineer kami terus mengembangkan produk-produk terkini dalam ranah transportasi dan pembayaran global. Kami menyambut hangat para engineer bertalenta yang ingin bergabung dalam perusahaan yang fokus pada pelanggan serta menerapkan keahlian yang unggul untuk mengatasi permasalahan kompleks secara global. Yang terpenting, Grab yakin pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujar Tan.

Sebelumnya Grab juga telah mengumumkan akan membangun pusat R&D di Jakarta. Pusat riset ini nantinya akan difokuskan membangun inovasi dan solusi yang disesuaikan khusus untuk pasar Indonesia. Algoritma baru akan dirancang dan diterapkan untuk peraturan lalu lintas di Jakarta. Grab akan memilih para engineers berbakat di seluruh Indonesia melalui serangkaian tes dan wawancara melalui universitas unggulan yan tersebar di Indonesia.

Editor: Sigit Kurniawan

Related