5 Bahan Alami untuk Cegah Bau Badan, Cocok Dipakai saat Cuaca Panas

marketeers article
Ilustrasi bau badan (Foto: 123rf)

Sejumlah wilayah di Indonesia belakangan ini dilanda cuaca panas. Hal itu berpotensi membuat tubuh lebih mudah berkeringat, sehingga bisa menimbulkan bau badan yang dapat menurunkan rasa percaya diri.

Melansir Alodokter, keringat sebenarnya tidak berbau. Bau badan baru terjadi saat cairan yang keluar dari kelenjar keringat bercampur dengan bakteri di kulit, yang telah berkembang biak dan memecah protein dalam keringat menjadi asam.

Salah satu cara termudah untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menggunakan deodoran. Ini karena produk tersebut mengandung alkohol, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap dari tubuh.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Gatal Biang Keringat akibat Cuaca Panas

Selain itu, bau tak sedap dari tubuh juga bisa dicegah menggunakan sejumlah bahan alami. Berikut ulasannya:

Baking Soda

Baking soda dikenal bisa menetralkan zat asam, termasuk asam pada tubuh. Cukup campurkan seperempat sendok teh bahan ini dengan sedikit air hangat, lalu oleskan di ketiak. Diamkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan air. 

Cuka Apel

Cuka sari apel juga dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Cukup  campurkan bahan ini dengan air, lalu oleskan ke area tubuh yang rentan menghasilkan keringat, seperti ketiak.

Daun Sirih

Daun sirih bersifat antibakteri dan dipercaya dapat menjadi penghilang bau badan alami. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda perlu merebus beberapa daun sirih dan membasuhkannya pada kulit saat mandi.

BACA JUGA: 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Cuaca Panas

Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang juga mengandung antioksidan dan zat-zat lain yang dapat menghilangkan bau tidak sedap. Tumbuk bahan bunga kecombrang dan batangnya, lalu gunakan hasil tumbukan itu sebagai sabun pada tubuh setiap kali mandi.

Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang dipercaya mampu menghilangkan bau badan. Anda dapat langsung menggosok bahan ini pada tubuh saat mandi, namun bisa pula diolah jadi teh untuk mencegah bau tak sedap dari dalam. 

Caranya, cukup jemur daun kemangi hingga kering. Kemudian tumbuk hingga halus. Selesai ditumbuk, seduh dengan air panas lalu disaring. Minumlah teh tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mencegah bau badan akibat mudah berkeringat saat cuaca panas. Selamat mencoba!

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related