5 Contoh Kebiasaan Baik Para Pemimpin yang Layak Anda Teladani!

marketeers article
contoh kebiasaan baik para pemimpin | sumber: 123rf

Jika Anda berharap dapat mempertajam skill dan persona pada tahun 2024 ini, maka menjadi sosok pemimpin yang berpengaruh adalah salah satu caranya. 

Para pemimpin yang kiprahnya telah memberikan dampak besar bagi sekitar tentu telah melalui proses panjang, terutama dalam membangun kebiasaan baik yang menjadi rutinitas sehari-hari.

Bahkan, menjadi seorang pemimpin sering kali bukanlah sekadar pekerjaan saja, tetapi bisa disebut sebagai jalan hidup. 

Lalu, bagaimana contoh kebiasaan baik para pemimpin yang bisa Anda teladani? Simak pembahasan yang Marketeers lansir dari Forbes:

1. Memiliki rutinitas pagi

Apa yang sering Anda lakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas utama? Jika pagi hari Anda dimulai dengan bermain media sosial saja, rasanya waktu Anda hanya akan terbuang sia-sia.

Bagi seorang pemimpin, penting bagi Anda untuk benar-benar memiliki rutinitas pagi yang dapat mendukung pekerjaan Anda pada hari tersebut. Anda dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum beraktivitas dengan berbagai hal yang menyenangkan, sekaligus bermakna. 

Anda dapat mencobanya dengan berolahraga 15 menit, membaca buku, meditasi, sarapan bernutrisi, membuat to-do-list, dan lainnya. 

BACA JUGA: PDCA (Plan-Do-Check-Act): Langkah untuk Perbaikan Berkelanjutan

2. Membuat SMART Goals

Setiap pemimpin selalu memiliki tujuan dalam hidupnya. Mereka memiliki kemampuan untuk melihat masa depan secara strategis dan mendefinisikan akan menjadi siapa dirinya kelak. 

Cobalah untuk membuat SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-Bound) Goals Anda sendiri untuk membantu menentukan tujuan hidup Anda pada masa depan. 

Dengan memiliki tujuan, hidup Anda akan lebih tertata, memiliki target yang jelas, dan motivasi yang tinggi dalam menjalani setiap aktivitas sehari-hari.

3. Tidak segan memberi apresiasi

Bagi karyawan, pujian dan apresiasi dari seorang pemimpin selayaknya energi baru yang ditularkan hingga membuat karyawan kembali termotivasi untuk memberikan sesuatu yang luar biasa. 

Contoh kebiasaan baik dengan memberikan apresiasi dan feedback yang constructive perlu Anda jadikan sebagai budaya kerja yang positif bagi tim. Biasakan hal ini pada hal-hal kecil dan buat apresiasi menjadi sesuatu yang bermakna di hati anggota tim Anda.  

BACA JUGA: SMART Goals: Strategi Efektif Capai Target dan Tujuan Karier

4. Senang mempelajari hal baru

Pemimpin yang efektif akan senang jika dianggap sebagai seorang lifelong learner. Posisi kepemimpinan adalah posisi yang begitu dinamis, memerlukan banyak skill dan pengetahuan untuk dapat tetap catch-up dengan berbagai perubahan. 

Oleh karena itu, kebiasaan baik untuk mempelajari banyak hal baru adalah penting. Dengan senantiasa meningkatkan keterampilan, Anda akan jauh lebih lihai ketika melihat berbagai peluang dan ancaman pada masa depan. 

Sisihkan waktu Anda untuk kegiatan self-development setidaknya 2 jam per pekan secara rutin agar jauh lebih tanggap dengan tantangan yang akan datang.

5. Tingkatkan produktivitas

Pemimpin yang efektif adalah ia yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Anda perlu meningkatkan produktivitas Anda dengan penggunaan waktu yang efisien, mampu menyelesaikan berbagai tugas tepat waktu, dan mencapai setiap target yang diberikan.

Terdapat banyak tips produktivitas yang bisa Anda lakukan, mulai dari teknik manajemen waktu, seperti time-blocking, aturan 80/20, hingga penggunaan berbagai AI tools untuk mengatur waktu, jadwal pekerjaan, dan manajemen proyek. 

Itulah lima contoh kebiasaan baik para pemimpin yang bisa Anda integrasikan satu sama lain. Rutinitas baik yang dibangun setiap hari tentu dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap memastikan kesehatan mental dan fisik Anda dalam kondisi terbaik di setiap hari agar dapat menunjang produktivitas kerja Anda. 

BACA JUGA: 10 Tips Membangun Kebiasaan Membaca, Semua Orang Hebat Lakukan Ini!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related