5 Daftar Souk Terkenal di Arab Saudi, Tawarkan Pengalaman Belanja Unik

marketeers article
Al Zal Riyadh. (Sumber: istimewa)

Arab Saudi bukan hanya tentang menjadi negara Islam yang menjadi tempat ibadah umat Muslim. Arab Saudi juga dikenal memiliki sejumlah objek wisata, termasuk souk yang meriah.

Menjelajahi souk-souk yang meriah di Arab Saudi menjadi sebuah perjalanan menarik, karena wisatawan dapat merasakan esensi waktu dan tradisi Saudi yang kaya dan beragam.

Souk atau pasar tradisional ini juga menawarkan kepada para pembeli perpaduan yang unik dari budaya, sejarah, dan harta karun yang menunggu untuk ditemukan. Berikut adalah beberapa souk yang paling terkenal di Arab Saudi, masing-masing dengan daya tariknya yang unik:

1. Souk Al Alawi, Jeddah

Souk yang satu ini menjadi souk terbesar di Saudi yang merupakan saksi bisu dari warisan kaya Jeddah. Di sini, wisatawan bisa menemukan beragam barang mulai dari hasil bumi dan rempah-rempah lokal hingga kerajinan tangan autentik dan pakaian tradisional, juga barang elektronik dan keperluan sehari-hari yang menggambarkan kekayaan warisan budaya Saudi.

BACA JUGA 4 Destinasi Wisata Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi

Pemandangan selama musim Haji pun sangat luar biasa, ketika Souk Al Alawi dipenuhi dengan kerumunan pengunjung dari seluruh dunia. Souk ini berlokasi di Off Al Dahab St, Al Balad, Jeddah.

2. Souk Al Zal, Riyadh

Berlokasi di jantung kota Riyadh, Soul Al Zal merupakan salah satu pasar tradisional tertua di Riyad yang menyimpan lebih dari 100 tahun sejarah. Wisatawan dapat menjelajahi gang-gangnya dan dengarkan suara penjual yang meramaikan suasana dengan lelang barang dagangannya.

Souk ini terkenal dengan barang antik, koin langka, dan perabotan. Selain itu, Anda juga dapat menemukan alat musik, pemutar rekaman lama, dan ratusan barang menarik yang tampaknya berasal dari museum tradisi rakyat kuno. Souk ini berada di Ad Dirah, Riyadh 12634.

3. Souk Diah, Riyadh

Dekat dengan Benteng Al Masmak yang ikonik, Souk Diah menjadi surga bagi pencinta barang peninggalan dan seni. Dikenal juga sebagai Souk Al Thumari, pasar tradisional yang satu ini menjajaki berbagai karya seni lokal, parfum, dan kerajinan tangan.

Di sini, wisatawan dapat mengenal lebih dalam budaya Saudi yang kaya dengan peninggalan unik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hal lainnya yang dapat ditelusuri adalh menikmati kemewahan perhiasan emas, yang dirancang dengan desain eksklusif yang cocok untuk bangsawan. 

Souk ini berada di 3138 Abi Jafar Al Mansour St, Ghirnatah, Riyadh.

BACA JUGA Roadshow Nusuk Ajak Wisatawan Indonesia Kunjungi Arab Saudi

4. Souk Al Tumor, Medina

Souk yang satu ini menjadi tempat paling populer untuk menjelajah dan membeli kurma di Saudi. Dengan lebih dari 150 jenis kurma, mulai dari Ajwa yang tumbuh secara lokal hingga Medjool yang langka dan mahal.

Seperti diketahui, Saudi adalah produsen kurma terbesar kedua di dunia, dan kota Medina (atau Madinah) terkenal dengan kualitas kurma yang baik dan variatif. Pasar tradisional ini berlokasi di 3 km selatan Medina.

5. Souk Qabil, Jeddah

Souk yang juga dikenal sebagai Qabil Street adalah pasar bersejarah, mungkin yang tertua di Jeddah, dan jalan pertama di kota ini yang sudah sepenuhnya dialiri listrik.

Saat ini, Souk Qabil dikenal sebagai pusat budaya yang meriah, khususnya pada malam hari selama Ramadan dan Eid. Pasar ini dipenuhi dengan warung makanan dan hiburan tradisional.

Meskipun merupakan jalan kecil, pasar ini menjadi bagian yang penting jika wisatawan berkunjung ke Al Balad, kota tua Jeddah, karena memiliki banyak jalan alternatif atau gang yang mengarah ke museum seperti Nassif House, Al Matbouli House, dan Masjid Al Shafie yang melestarikan kota tua Jeddah.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related