5 Film Terbaik yang Dibintangi Bernard Hill, Titanic hingga LOTR

marketeers article
Bernard Hill. (Sumber: IMDB)

Kabar duka baru saja menyelimuti dunia hiburan. Aktor legendaris dari film Titanic, Bernard Hill tutup usia pada umur 79 tahun pada Minggu (5/5/2024). Informasi ini disampaikan langsung oleh pihak keluarga Hill. 

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami harus mengumumkan bahwa Bernard Hill, aktor yang terkenal yang dikenal lewat perannya dalam Titanic dan Lord of the Rings, telah meninggal dunia dini hari tadi pada usia 79 tahun,” demikian pengumuman keluarga, dikutip dari CNN.

Aktor senior asal Inggris yang lahir pada 17 Desember 194 ini sebelumnya telah lama malang melintang di industri hiburan. Bakat akting yang dimilikinya berhasil membesarkan namanya hingga memerankan sejumlah karakter ikonik di film-film populer.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet judul film terbaik yang dibintangi oleh Bernard Hill:

BACA JUGA Sinopsis Possession: Kerasukan, Film Horor yang Soroti Isu Patriarki

1. Titanic (1997)

Dalam film yang disutradarai oleh James Cameron, Bernard Hill berperan sebagai Kapten Edward Smith yang menakhodai kapal penumpang mewah Inggris itu. Diceritakan, Kapten Smith menanggung beban karena tidak bisa menyelamatkan Titanic dari karam.

Film yang tayang pada tahun 1997 silam ini menghadirkan kisah romansa epik dengan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Dalam ajang penghargaan bergengsi Piala Oscar, Titanic berhasil memborong 11 piala, termasuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, penyuntingan Film Terbaik, dan masih banyak lagi.

2. A Mid Summer Night’s Dream (1999)

Berikutnya, ada film komedi romantis yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Michael Hoffman. Dalam film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya William Shakespeare, Bernard Hill berperan sebagai Egeus, seorang ayah yang mencegah anaknya menikah dengan kekasih hatinya.

Berlatar Athena, karakter Egeus merupakan ayah Hermia, yang tidak menyetujui cinta Hermia dan Lysander, dan memohon kepada Theseus untuk memaksa Hermia menikahi Demetrius.

Dengan durasi 116 menit, A Mid Summer Night’s Dream juga menghadirkan rekaman Renée Fleming yang menyanyikan “Casta Diva” dari opera Norma karya Bellini.

BACA JUGA Selain The Architecture of Love, Ini 3 Film Adaptasi Novel Ika Natassa

3. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)

Sekuel dari LOTR: The Fellowship of the Ring ini menjadi salah satu karya terbaik dari Bernard Hill. Film ini menghadirkan sejumlah karakter ikonik Gollum alias Smeagol, ada juga karakter lain termasuk Faramir, King Rohan dan Eowyn.

Dalam film berdurasi 179 menit itu, Bernard Hill tampil memerankan karakter Theoden, sang raja Rohan yang terkena pengaruh sihir dari Saruman.

4. Valkyrie (2008)

Film bergenre thriller historis ini rilis perdana pada tahun 2008 dengan latar Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II. Valkyrie menceritakan tentang pemberontakan plot 20 Juli 1944 yang dilakukan oleh para perwira Tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler.

Dalam film ini, Bernard Hill beradu akting bersama dengan sejumlah aktor kenamaan Hollywood, seperti Tom Cruise yang berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg. Lalu ada Carice van Houten, David Bamber, Kenneth Branagh, Tom Wilkinson, dan masih banyak lagi.

5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2023)

Trilogi dari The Lord of the Rings ini rilis perdana pada tahun 2023 lalu. Secara umum, triloginya kali ini berkisah tentang petualangan Frodo bersama kawan-kawannya untuk menghancurkan cincin yang menjadi kekuatan utama dari film ini.

Sebagai penutup dari The Lord of The Rings film ini berhasil masuk dalam 11 nominasi Academy Awards dan menyapu bersih semua kategorinya. Bahkan, capaian itu menjadi kemenangan terbesar di sejarah Oscar pada 2004.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related