5 Ide Bisnis Setelah Pensiun agar Tetap Produktif di Masa Tua

marketeers article

Setelah memasuki masa pensiun sebagian orang mungkin berencana untuk tetap produktif dengan menjalani bisnis atau berwirausaha. Mungkin bagi sebagian lainnya, masa pensiun juga menjadi momen terbaik untuk mencapai mimpinya, yakni dengan membuka bisnis sendiri.

Ada banyak ide bisnis yang bisa dipertimbangkan untuk dijalani setelah pensiun. Bukan hanya untuk penghasilan tambahan, bisnis ini juga bisa memberikan kepuasan pribadi dan sekitarnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa ide bisnis yang dapat dijalankan setelah pensiun:

BACA JUGA Majukan Bisnis, Desain Web Harus Menarik dan Pahami Digital Marketing

1. Franchise

Salah satu bisnis yang bisa dijajal setelah pensiun adalah membuka usaha franchise. Ada begitu banyak pilihan franchise di Indonesia. 

Hal itu mulai dari merek lokal hingga luar negeri, dengan harga terjangkau sampai yang tertinggi. Membuka usaha franchise memiliki banyak keuntungan, termasuk kesadaran merek bawaan, rencana bisnis dan materi pemasaran dan promosi.

2. Warung sembako

Selain membuka usaha franchise, bisnis lainnya yang bisa jadi pertimbangan adalah membuka warung sembako. Usaha ini dapat dijalankan di rumah sendiri, sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari sembari menjaga warung.

Selain itu, dengan membuka usaha di rumah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sewa bangunan, dan bisa mengalokasikan modal untuk membeli keperluan lainnya.

Untuk memulainya, Anda bisa menjual barang yang banyak dicari pembeli, seperti beras, minyak goreng, telur, snack hingga peralatan rumah tangga.

BACA JUGA Ini 5 Kesalahan Umum Strategi Pemasaran oleh Bisnis Kecil

3. Bisnis online

Di era digital seperti sekarang, bisnis online telah menjadi pilihan populer yang dilakukan oleh para pensiunan. Bisnis online kian dilirik oleh para pensiunan karena biaya awal yang relatif rendah dan fleksibilitasnya.

Selain itu, variasi produk yang dijual pun begitu beragam. Anda bisa menjual produk fisik atau digital, menjadi afiliasi, atau membuka toko online untuk menjual barang tertentu.

4. Bengkel

Bisnis lainnya yang bisa dicoba setelah pensiun adalah membuka bengkel. Bukan hanya untuk menjadi tempat reparasi kendaraan, Anda juga bisa membuka bengkel cuci kendaraan dengan bermodal kompresor hingga peralatan cuci mobil.

Sama seperti dengan warung sembako, bisnis yang satu ini juga dapat dimulai di rumah, selama memiliki garasi yang cukup mumpuni untuk memarkir kendaraan para pelanggan.

5. Sewa kendaraan

Terakhir, jika Anda memiliki kendaraan pribadi, apalagi lebih dari satu, maka itu bisa menjadi modal untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan. Anda dapat memulai usaha sewa kendaraan.

Biaya utama yang harus dikeluarkan adalah biaya perawatan. Usaha ini akan makin menguntungkan bagi Anda yang tinggal di dekat tempat wisata.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related