5 Makanan Pantangan bagi Penderita Asma, Perlu Dihindari!

marketeers article
Ilustrasi penderita asma (Foto: 123rf)

Tanggal 7 Mei diperingati sebagai Hari Asma Sedunia atau World Asthma Day. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit asma, mengingat gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi serius jika dibiarkan begitu saja.

Salah satu cara untuk berkontribusi dalam momen ini ialah dengan menjadi lebih aware perihal makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi penderita asma. Pasalnya, sejumlah makanan terbukti dapat memperburuk gejala penyakit tersebut.

Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menghindari kondisi terburuk seorang penderita asma saat ingin mengajaknya makan bersama. Melansir Halodoc, berikut daftar makanan yang harus dihindari pengidap gangguan pernapasan tersebut:

BACA JUGA: Bahaya Makan Makanan Bekas Orang Lain, Bisa Sebabkan 6 Penyakit Ini

Buah Kering

Buah kering menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari oleh penderita asma. Pasalnya, proses pengeringan yang dirancang untuk memperpanjang umur simpan buah itu, mengandung zat sulfit yang bersifat aditif.

Zat tersebut, termasuk kalium bisulfit dan natrium sulfit, umumnya dapat menimbulkan masalah pada kebanyakan pengidap asma. Untuk itu, periksa dulu apakah buah kering yang Anda beli mengandung zat ini. 

Udang

Udang beku atau udang olahan menjadi pantangan makanan bagi penderita asma. Ini karena makanan laut tersebut biasanya mengandung sulfit yang bersifat sebagai zat aditif, sehingga berpotensi menimbulkan masalah pada kebanyakan pasien.

BACA JUGA: 5 Tips Mengatasi Sakit Perut saat Berlari

Acar

Acar, termasuk yang biasanya disajikan bersama nasi goreng, cenderung mengandung sulfit sebagai pengawet. Karena itu, sebaiknya waspada dengan makanan yang disertai campuran saus salad atau saus lobak. 

Minuman dengan Pemanis Buatan

Minuman dengan pemanis buatan dapat memicu terjadinya asma pada beberapa orang. Ini karena di dalamnya terdapat tartrazine, yaitu pewarna yang digunakan dalam minuman manis, es krim, bahkan hot dog.

Susu dan Produk Turunannya

Susu memang baik untuk kesehatan, namun produk ini justru bisa memicu terjadinya serangan asma bagi sebagian orang. Begitu pula dengan produk turunannya, seperti keju atau es krim, yang dapat memperburuk gejala asma karena meningkatkan produksi lendir di paru-paru.

Itulah beberapa makanan ataupun minuman yang sebaiknya dihindari penderita asma. Semoga bermanfaat!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related