5 Manfaat Tablet Tambah Darah, Bukan Hanya Cegah Anemia

marketeers article
Ilustrasi. (Sumber: 123rf)

Beberapa waktu terakhir, tablet tambah darah menjadi isu yang ramai diperbincangkan di media sosial karena manfaatnya yang ternyata berdampak hingga ke masa depan. Tren ini bermula dari unggahan seorang perempuan yang rutin minum tablet penambah darah dapat mencegah anemia dan potensi anak terlahir stunting ramai di media sosial.

Berangkat dari unggahan tersebut, warganet pun ramai membahas mengenai manfaat dari tablet tambah darah. Merespons tren tersebut, pemerintah pun kian gencar melakukan pemberian tablet penambah darah untuk remaja putri.

Faktanya, tablet tambah darah bukan hanya berfungsi untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Berikut sederet manfaat tablet tambah darah untuk remaja putri, dikutip dari laman Dinas Kesehatan Kota Bandung:

BACA JUGA Istilah Humble Brag Viral di Media Sosial, Merendah untuk Meroket?

1. Mencegah anemia

Saat haid, perempuan akan kehilangan banyak darah. Kondisi ini pun membuat tubuh perempuan rentan mengalami anemia.

Sementara itu, saat tubuh kekurangan sel darah merah atau kadar hemoglobin di bawah ambang batas normal, maka dapat menyebabkan gejala anemia, seperti tubuh lemas, tidak bugar, dan mudah pingsan. Sebab itu, penting bagi perempuan untuk mengonsumsi tablet penambah darah sebagai bentuk upaya preventif.

2. Menunjang fase tumbuh kembang

Selain berfungsi untuk mencegah anemia, tablet penambah darah juga bermanfaat baik untuk tumbuh kembang remaja. Dalam fase tumbuh kembang, tubuh remaja membutuhkan zat besi lebih banyak ketimbang masa kanak-kanak.

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan pemerintah, kebutuhan zat besi remaja putri sebesar 15 miligram per hari, nyaris dua kali lipat kebutuhannya sebelum haid yang hanya sebesar 8 miligram per hari.

3. Menambal kebutuhan zat besi

Meskipun asupan makanan dan minuman telah memiliki kandungan zat besi, akan tetapi jumlahnya belum cukup memenuhi kebutuhan zat besi tubuh. Terlebih jika remaja putri mulai melakukan diet asal-asalan tanpa berkonsultasi dengan ahli. 

Akibatnya, remaja putri kekurangan mineral penting untuk pertumbuhannya. Oleh sebab itu, mengonsumsi tablet penambah darah menjadi upaya penting untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh.

BACA JUGA 3 Tips Cegah Lonjakan Gula Darah saat Makan Bebas ketika Lebaran

4. Menjaga kemampuan berpikir

Manfaat minum tablet tambah darah untuk remaja putri lainnya, yakni menjaga kemampuan berpikir. Perlu diketahui, anemia juga bisa menyebabkan susah konsentrasi, gampang lupa, dan kemampuan berpikir menurun. Kondisi ini bisa memengaruhi prestasi atau produktivitas belajar di sekolah.

5. Investasi kesehatan jangka panjang

Fungsi tablet tambah darah untuk remaja putri juga bisa menjadi investasi kesehatan yang dipanen dalam jangka panjang. Remaja putri yang rutin minum tablet penambah darah dan bebas anemia.

Ketika sudah dewasa dan hamil kelak bisa menjalani kehamilan yang sehat dan minim resiko komplikasi kehamilan. Selain itu, bayi yang dilahirkan kelak bisa tumbuh sehat, lahir dengan berat badan ideal, sampai mencegah bayi yang dilahirkan tumbuh dengan masalah gizi stunting.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related