5 Resep Optimalkan Digital Marketing

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
13 April 2022
marketeers article
Online banking payment communication network technology internet wireless tools development mobile smartphone sync app: Business woman holding smart phone for online or shopping payment,vintage color
Berkembangnya teknologi mendorong bisnis kecil dan menengah beradaptasi. Tidak sedikit dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) ini kemudian ikut tumbuh dan memperkuat bisnis dengan go digital. Salah satu upaya yang mereka genjot adalah digital marketing.
“Berinvestasi dalam digital marketing dapat menjadi saluran pemasaran yang efektif untuk membantu Anda mengembangkan bisnis serta mendorong keinginan pelanggan untuk mengetahui penawaran produk Anda lebih lanjut,” ujar Country Manager Zilingo Indonesia Patrick Vaz.
Lebih lanjut, Patrick menjelaskan bahwa ada berbagai potensi untuk mendorong strategi pemasaran digital terutama di Indonesia pada tahun 2021.
Posisi Nol pada Hasil Pencarian Google
Sebelum membahas mengapa posisi nol ini penting, sebenarnya apa itu posisi nol. Posisi nol adalah hasil pencarian yang muncul pada urutan teratas di daftar search engine optimization (SEO). Biasanya posisi nol ini hadir untuk memberikan jawaban langsung dari pencari.
Lalu, mengapa ini penting bagi pelaku bisnis? Dengan posisi teratas ketika kata kunci terkait bisnis Anda dicari pada mesin pencari seperti Google, bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan banyak klik yang hasilnya awareness lebih luas.
Livestream
Seiring peralihan kegiatan belanja ke dunia digital, penjualan via livestream atau siaran langsung merupakan cara utama untuk menciptakan pengalaman yang lebih menghibur dan interaktif yang menarik minat konsumen. Livestream juga memungkinkan pelaku bisnis untuk saling terhubung dan mempromosikan platform yang dimiliki.
Konten Interaktif
Meski bukan hal baru, konten interaktif tetap dianggap sebagai praktik terbaik. Selain membangun hubungan personal yang lebih kuat dengan pelanggan, konten interaktif juga cara mudah untuk mengumpulkan data tentang preferensi pengguna, informasi produk, dan bahkan peningkatan lainnya yang dibutuhkan situs Anda.
Influencer Marketing
Influencer marketing terbukti menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen dan cara yang hemat biaya untuk produksi konten bermerek. Namun, yang perlu diperhatikan kembali adalah pentingnya data dalam pengambilan keputusan dan verifikasi keaslian (follower asli) terkadang justru hilang dibalik pose, postur, dan popularitas influencer marketing.
Lebih Banyak Personalisasi
Memasuki era digital yang semakin terhubung dan aktif, personalisasi adalah alat yang ampuh bagi bisnis untuk dapat mengetahui apa yang ingin dibeli pelanggan bahkan sebelum mereka memikirkannya. Pada tahun 2021, merek dan bisnis perlu menyesuaikan strategi komunikasi dan pengalaman pelanggan berdasarkan preferensi, minat, dan perilaku mereka.
Sejumlah potensi yang telah dijelaskan diyakini dapat membantu para pelaku bisnis mendapatkan hasil optimal dari digital marketing. Tentunya jika dilakukan dengan tepat.

Related