5 Tips dari Tokopedia Academy bagi First Jobber di Industri Teknologi

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
08 Juli 2022
marketeers article
Tokopedia Academy bagikan tips untuk para pemula di industri teknologi. | Foto: Tokopedia Academy
Memahami minat talenta muda untuk terjun ke industri teknologi, Tokopedia Academy berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan Tokopedia NextGen. Ini merupakan program inkubasi bagi pelajar untuk memahami dunia digital yang bertujuan pemerataan pengetahuan melalui teknologi.
“Teknologi dan digitalisasi yang terus berkembang menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dan untuk mengakselerasi transformasi digital penting untuk memiliki sumber daya manusia yang unggul,” ujar Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo mengenai latar belakang program ini.
Pada acara NextGen yang digelar Tokopedia Academy kali ini, mereka mengangkat tema Lika-Liku Satu Tahun Pertama Bekerja di Industri Teknologi. Bahasan ini menjadi menarik, terlebih lagi bagi para pelajar yang tertarik untuk berkarier di industri teknologi.
Berikut sejumlah tips yang dibagikan para Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia) untuk first jobber yang memulai kariernya di perusahaan teknologi.
Pahami Hal Dasar Industri Teknologi
Ketika memulai profesi di bidang teknologi, kamu perlu memahami sejumlah hal dasar di industri ini. Berbagai pengetahuan di antaranya product management, data analytics, web development, mobile development, UI/UX design, hingga software engineering. Mengapa hal ini penting diketahui? Tentunya untuk membantu kamu menghadapi sektor teknologi yang dinamis.
Tidak Berhenti Belajar
“Sebagai pemula, kita harus punya kemauan untuk terus belajar untuk meningkatkan kemampuan,” tutur Faldi Sulistiawan, Data Scientist Tokopedia.
Ia menambahkan banyak cara untuk belajar. Misalnya saja melalui Tokopedia Academy yang berbagi informasi mengenai dunia teknologi, mulai dari data, desain produk, hingga berbagai pengalaman pelanggan.
Kolaborasi Itu Penting
Ketika bekerja di dalam sebuah tim, perlu disadari bahwa sebagai anggota kamu perlu memahami tugas atau tanggung jawabmu. Tidak kalah penting adalah mampu berkolaborasi dengan sesama anggota tim untuk mencapai tujuan bersama.
Ikuti Pelatihan
Tidak sedikit perusahaan yang mau memfasilitasi karyawannya untuk dapat mengembangkan kemampuannya. Salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan. Jika perusahaan kamu menyediakan pelatihan teknologi, jangan sungkan untuk ikut dan bergabung. Bukan hanya hard skill yang bisa ditambah tetapi juga soft skill.
Adaptasi Budaya Perusahaan
Kembangkan keterampilan berkomunikasi dan kenali budaya perusahaan. Dengan demikian, kamu bisa menjadi lebih nyaman dalam bekerja.
Sebagai first jobber, banyak talenta yang belum tahu dan memahami apa yang harus dilakukan untuk berkembang serta memberikan dampak positif bagi perusahaan. Tokopedia Academy bersama Kominfo menyadari bahwa meningkatkan kemampuan SDM ini menjadi penting.
“Ini adalah pekerjaan besar. Hanya melalui kolaborasi dengan semua stakeholder, ini dapat diwujudkan,” tutur Semuel.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related