5 Tips Mengatasi Sakit Perut saat Berlari

marketeers article
Ilustrasi sakit perut saat berlari (Foto: 123rf)

Pernahkah Anda mengalami sakit perut di bagian samping atau tengah saat berlari? Rupanya, ini merupakan hal yang lazim terjadi jika salah melakukan teknik pernapasan, tidak pemanasan terlebih dahulu, atau terlalu banyak makan sebelum beraktivitas.

Karena itulah, sebelum berlari, disarankan untuk melakukan pemanasan dan mengatur jadwal makan. Sebaiknya, konsumsilah makanan berat selama 2-4 jam sebelum berlari dan hindari mengonsumsi makanan yang berserat serta tinggi lemak.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam laman Hello Sehat. Namun, jika Anda terlanjur mengalami sakit perut saat berlari, tak perlu panik. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut:

BACA JUGA: 5 Langkah Sederhana dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Berhenti Sejenak

Jika sudah mulai merasa sakit, sebaiknya berhentilah sejenak. Adanya kram perut juga menandakan bahwa tubuh kelelahan, sehingga jika terus dipaksakan, justru akan memperparah rasa sakit yang Anda alami.

Lakukan Pernapasan Dalam

Selagi berhenti, lakukanlah pernapasan dalam untuk mengurangi rasa sakit. Tarik napas dalam-dalam dari hidung, lalu keluarkan dari mulut. 

Sembari mengatur pola pernapasan, tekan pula bagian perut yang sakit sekitar 10 detik. 

Terapkan Pernapasan Diafragma

Ketika menghirup napas, lakukan teknik pernapasan diafragma. Teknik ini berfokus pada perut, bukan dada. 

Pastikan perut mengembang saat Anda menarik napas dan mengempis ketika Anda mengeluarkannya.

BACA JUGA: 5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Cuaca Panas

Turunkan Kecepatan Lari

Namun, jika tak ingin berhenti, coba turunkan kecepatan berlari. Ini dilakukan demi mengurangi kerja otot perut, mengingat rasa sakit tersebut muncul karena otot perut dan sekitarnya yang terlalu bekerja keras.

Lakukan Peregangan Otot

Meregangkan otot juga bisa mengurangi sakit saat berlari. Caranya, angkatlah tangan ke atas dan tekuk tubuh Anda dengan lembut ke arah yang berlawanan dengan rasa sakit sampai merasakan regangan lembut.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi sakit perut yang muncul saat sedang berlari. Jika rasa sakit tak kunjung hilang, segeralah periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related