Automotive

50 Tahun Suzuki: Produksi 11 Juta Motor dan 2,5 Juta Mobil

Foto: Perayaan 50 Tahun Suzuki

Di tengah tantangan tahun 2020 akibat pandemi, Suzuki di Indonesia memasuki usia 50 tahun. Melalui perakitan sepeda motor di Kali Besar, Jakarta, Suzuki mulai operasionalnya pada tahun 1970. Hingga kini, Suzuki telah memproduksi 11 juta sepeda motor dan 2,5 juta mobil. Mesin tempel kapan (outboard motor/OBM) melengkapi bisnis Suzuki di Indonesia.

“Motor pertama yang dijual oleh Suzuki di Indonesia, adalah Suzuki A100 dan FR70 pada tahun 1970 dengan bendera PT Indohero Steel and Engineering Company,” jelas Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Sales saat perayaan virtual 50 Tahun Suzuki.

Perjalanan Suzuki berlanjut hingga hari ini memiliki empat pabrik. Produksi kendaraan Suzuki mampu menyerap komponen lokal (tingkat kandungan dalam negeri/TKDN) rata-rata di atas 80%, yang dipasok oleh lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri.

Tidak hanya untuk pasar dalam negeri, Suzuki Indonesia juga mengekspor kendaraannya ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1,3 juta unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja di Indonesia.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier menyambut perayaan 50 tahun Suzuki dengan beberapa pesan. Di dalam video sambutannya, Taufiek berharapkan Suzuki mampu meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45%.

“Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional. Salah satu caranya dengan melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi desain dan pengembangan,” ujar Taufiek.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kontribusinya bagi Indonesia melalui kegiatan investasi, produksi, dan ekspor.

“Kami berharap bisnis Suzuki di Indonesia dapat terus berkembang dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia semakin erat,” tuturnya.

Suzuki pun menyambut beberapa hal tersebut dengan positif. “Tahun depan, kami berkomitmen akan menghadirkan beragam produk baru dan terus membesarkan bisnis kami di Indonesia,” tutup Itayama.

MARKETEERS X








To Top