Di Usia 25 Tahun, Bhinneka Mantap Dengan Strategi Omnichannel

marketeers article
52461810 business chart working laptop analysis internet concept

Jauh sebelum munculnya Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Indonesia sudah terlebih dahulu memiliki platform jual beli online melalui Bhinneka.com. Saat itu, Bhinneka berdiri pada tahun 1993 dan tahun 2018 ini usianya genap mencapai 25 tahun.

“Saat ini, Bhinneka telah berhasil menjadi the biggest B2B (business-to-business) e-commerce player di Indonesia. Hal ini ditandai dengan sudah ada lebih dari 20 ribu perusahaan sebagai klien,” ucap Founder dan CEO Bhinneka Hendrik Tio.

Perusahaan yang menjadi klien Bhinneka, mulai dari skala Small and Medium Businesses (SMB) hingga level enterprise. Bhinneka memberikan beragam pelayanan mulai pengadaan barang dan jasa, solusi, hingga servis. Menurut Hendrik, klien Bhinneka tersebar dari berbagai sektor. Seperti bidang IT, perbankan dan jasa keuangan, perhotelan, dan jasa kesehatan.

Komitmen Bhinneka sebagai mitra bisnis yang andal ditunjukkan dengan ketersediaan lebih dari 150 ribu Stock Keeping Unit (SKU) atau jenis produk, sampai Service Center Bhinneka, pusat perbaikan resmi untuk berbagai merek ternama. Tim Bhinneka juga siap memberikan rekomendasi ideal sesuai bidang usaha para kliennya. Agar produk yang diadakan benar-benar efektif dan efisien, menghasilkan kemitraan yang saling menguntungkan.

Tidak hanya itu, Bhinneka juga terus memantapkan posisi secara Omnichannel. Di Jakarta dan Surabaya, ada Bhinneka Store yang sudah hadir sejak tahun 2001 dan secara bertahap akan terus ditambah di beberapa wilayah potensial.  “Bhinneka selalu berusaha menjalin dan meningkatkan kerja sama strategis bersama para brand and banking partners,” lanjutnya.

Dari data sepanjang 2017, ada sekitar lima juta kunjungan individual (web traffic) ke situs Bhinneka.Com setiap bulan. Bhinneka optimistis, angka ini akan meningkat cukup signifikan pada  tahun 2018. Sementara itu, di usia peraknya tahun ini, Bhinneka digerakkan oleh hampir seribu karyawan dan selalu membutuhkan talenta-talenta berkualitas dari seluruh Indonesia. Bhinneka akan terus aktif merekrut generasi muda untuk mengaplikasikan dan meningkatkan berbagai kemampuannya.

“Kami akan terus melakukan yang terbaik saat ini maupun di masa-masa mendatang. Dan apa yang telah dicapai Bhinneka di usia seperempat abad ini, semuanya tidak akan berjalan tanpa support dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Terima kasih,” tutup Hendrik Tio.

Editor: Sigit Kurniawan

Related