7 Alasan Email Tetap Ampuh untuk Strategi Marketing

marketeers article
Email marketing | sumber: 123rf

Bagi banyak perusahaan atau merek, mendengar kata email dianggap sebagai bentuk strategi komunikasi yang sudah ketinggalan zaman. Apalagi, pendekatan yang mayoritas digunakan oleh merek saat ini, yaitu melalui lewat media sosial dan influencer marketing.

Mari sama-sama pikirkan kembali. Email tetap menjadi strategi komunikasi yang dapat diandalkan bagi para pemasar. Dikutip dari bizcommunity, ini alasan mengapa para pemasar harus tetap memanfaatkan email untuk strategi marketing:

1. Email mudah dikendalikan dan dimonitor

Email marketing sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian teknis tingkat lanjut. Mulai dari menyusun konten hingga menggunakan platform, seperti Mailchimp atau Everlytic untuk distribusi sehingga prosesnya dapat dikelola dengan mudah. 

BACA JUGA: Jakarta Marketing Week 2024 Dorong Impact pada Marketing di Era Digital

Mengukur matriks email marketing, seperti open rates dan click-through rates sangat mudah, memungkinkan Anda untuk menyempurnakan strategi secara terus-menerus. 

2. Email hemat biaya 

Salah satu aspek yang paling menarik dari email marketing adalah biaya yang terjangkau. Layanan email massal tidak mahal dan menawarkan tools yang tangguh untuk membuat, mengirim, dan mengelola kampanye email. 

Tidak seperti saluran pemasaran digital lainnya, email memberikan tingkat prediktabilitas dan kontrol biaya yang lebih tinggi. 

BACA JUGA: Matriks Terpenting Marketing, Merek Harus Bertumbuh

3. Bisa ditarget dan dipersonalisasi

Email marketing memungkinkan kampanye yang sangat personal dan bisa ditarget. Dengan melakukan segmentasi audiens berdasarkan berbagai kriteria, Anda dapat mengirimkan konten yang relevan yang sesuai dengan kelompok tertentu.

Dengan memanfaatkan tools kecerdasan buatan (AI), Anda dapat meningkatkan personalisasi, mendorong engagement, dan pertumbuhan bisnis. 

4. Email sangat efektif

Email marketing memberikan tingkat pengembalian investasi (ROI) yang cepat. Ada kemudahan untuk berlangganan atau berhenti berlangganan sehingga memastikan bahwa audiens Anda benar-benar tertarik dengan konten Anda.

BACA JUGA: Seasonal Marketing, Soiree Rooftop & Bar Hadirkan Bar Takeover

Hal ini dapat menghasilkan open rates dan click through rates yang lebih tinggi dan dapat mendorong trafik ke situs web Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa pelanggan Anda memperoleh konten yang bernilai, baik itu penawaran khusus, peluncuran produk atau informasi penting lainnya.

5. Menjangkau audiens lebih luas

Email memiliki jangkauan yang luas, dengan lebih dari 4 miliar pengguna di seluruh dunia. Hampir setiap orang dewasa yang memiliki akses internet mempunyai setidaknya satu alamat email. 

Basis pengguna yang luas ini memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang secara global, menyampaikan pesan Anda secara instan melintasi zona waktu yang berbeda.

6. Email tidak mengganggu dan nyaman

Email adalah bentuk komunikasi yang tidak mengganggu. Email dapat diakses di berbagai perangkat dan hanya mengonsumsi data internet yang minim sehingga memudahkan penerima untuk membaca di waktu luang.

Tidak seperti iklan di media sosial, email tidak membebani atau mengganggu sehingga menawarkan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan. 

7. Email sangat penting untuk bisnis

Selain untuk pemasaran, email sangat penting untuk komunikasi bisnis yang aman. Layanan email profesional dengan penyedia hosting terpercaya memungkinkan bisnis menjaga komunikasi yang konsisten dan aman dengan pelanggan dan stakeholder.  

Email juga merupakan alat yang sangat baik untuk menyimpan catatan interaksi, membantu merampingkan operasi bisnis. 

Email marketing tetap menjadi tools yang sangat efektif, terjangkau dan serbaguna yang dapat dipercaya oleh bisnis untuk komunikasi yang andalan bagi pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan memasukkan email ke dalam strategi pemasaran digital, Anda dapat memanfaatkan potensi penuhnya untuk terhubung dengan audiens Anda, mendorong engagement, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related