7 Langkah Mengoptimalkan Bisnis dengan Strategi Community Marketing

marketeers article
7 Langkah Mengoptimalkan Bisnis dengan Strategi Berbasis Komunitas. (123rf.com)

Mengembangkan bisnis secara optimal dengan memanfaatkan kekuatan komunitas menjadi semakin relevan di era digital ini. Praktik ini pun sudah populer sejak dulu karena dianggap efektif dalam menjaga retensi pelanggan sekaligus membangun advokasi bagi merek.

Tidak hanya itu, strategi berbasis komunitas juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan merek bersama pelanggannya.

BACA JUGA: Bidik Pasar Komunitas, Bank Raya Hadirkan Fitur Saku Bareng

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tujuh langkah efektif untuk mengoptimalkan bisnis dengan strategi berbasis komunitas atau community marketing.

1. Pahami Nilai dan Kepentingan Komunitas

Langkah pertama dalam mengembangkan strategi berbasis komunitas adalah memahami nilai-nilai dan kepentingan komunitas yang ingin Anda jangkau.

BACA JUGA: Ciptakan Komunitas di Indonesia, Alo Yoga Gelar Wellness Day

Menurut Harvard Business Review, pengenalan ini akan membantu bisnis Anda lebih relevan dan autentik dalam berinteraksi dengan komunitas.

2. Bangun Kepercayaan dan Kredibilitas

Kepercayaan adalah fondasi utama dalam hubungan komunitas. Transparansi, konsistensi, dan kejujuran dalam komunikasi adalah kunci untuk membangun kredibilitas.

Dikutip dari Forbes, kepercayaan adalah hal penting sebagai elemen vital dalam mempertahankan loyalitas komunitas.

3. Libatkan Anggota Komunitas Secara Aktif

Menciptakan peluang bagi anggota komunitas untuk terlibat aktif dalam bisnis Anda dapat meningkatkan keterikatan mereka. Partisipasi ini bisa dalam bentuk feedback, saran, atau kolaborasi dalam proyek tertentu.

Inc.com menyarankan untuk mengadakan acara atau forum diskusi yang melibatkan anggota komunitas secara langsung.

4. Berikan Nilai Tambah Melalui Konten

Menyediakan konten yang bermanfaat dan relevan untuk komunitas Anda dapat meningkatkan engagement. Konten ini bisa berupa artikel informatif, tutorial, atau webinar yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan komunitas.

Menurut Content Marketing Institute, Anda harus selalu fokus pada nilai tambah yang diberikan kepada komunitas.

5. Manfaatkan Media Sosial Secara Optimal

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk berinteraksi dengan komunitas. Gunakan platform yang tepat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan anggota komunitas.

Menurut Social Media Examiner, kehadiran yang konsisten di media sosial dapat memperkuat hubungan dengan komunitas.

6. Dukung Inisiatif Komunitas

Mendukung inisiatif dan kegiatan komunitas menunjukkan bahwa bisnis Anda peduli dan berkomitmen terhadap perkembangan komunitas.

Hal ini bisa dilakukan dengan menjadi sponsor acara, memberikan donasi, atau menyediakan sumber daya yang dibutuhkan komunitas.

Entrepreneur menyarankan Anda untuk selalu berperan aktif dalam inisiatif lokal yang relevan dengan bisnis Anda.

7. Evaluasi dan Tingkatkan Strategi secara Berkala

Terakhir, penting untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan strategi berbasis komunitas Anda. Dengarkan feedback dari anggota komunitas dan gunakan data untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. McKinsey & Company menekankan pentingnya evaluasi terus-menerus untuk mencapai hasil yang optimal.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah di atas, bisnis Anda dapat membangun dan memperkuat hubungan yang saling menguntungkan dengan komunitas.

Ingatlah bahwa kesuksesan strategi ini bergantung pada keaslian, kepercayaan, dan komitmen untuk terus beradaptasi dan berkembang bersama komunitas Anda.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related