Resource & Energy

Adaptasi Kebiasaan Baru, SIG Perkenalkan Platform Digital SobatBangun

PHOTO CREDIT: 123RF

Seperti sektor lainnya, sektor utilitas perlu melakukan adaptasi di tengah pandemi COVID-19. Inovasi pun diperlukan agar dapat tetap memenuhi permintaan pasar. PT Semen Indonesia Tbk (SIG) mengenalkan sebuah platform digital yang diberi nama SobatBangun.

“Sesuai dengan misi kami yang terus melakukan inovasi untuk menambah value added services, kami berinovasi dengan platform digital yang menyasar end user. Melalui platform ini kami juga berusaha untuk menangkap potensi dari pertumbuhan demand pascapandemi di tahun 2021 dan ke depannya,” jelas R. Ameria Sumantri, GM MSC Digitalization – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dalam acara Industry Roundtable, Jumat (13/11/2020).

SobatBangun merupakan aplikasi one stop solution yang dimaksudkan untuk mempertemukan demand dari pasar potensial, khususnya home owner dengan para partner arsitek maupun kontraktor di SIG.

Ameria menuturkan, SIG menjamin partner arsitek yang tergabung adalah arsitek kebanggan Indonesia seperti Studio ArsitektropiS, AGo Architects, US&P Architects, Studio SA_e dan ArMSchitecture. Pada platform ini, SIG menawarkan hunian dengan desain unik dari para arsitek tersebut dan hunian yang diciptakan untuk keperluan rumah tumbuh.

“Rumah tumbuh adalah rumah yang dapat mengakomodasi pertumbuhan dari penghuninya. Sebagai contoh, yang tadinya hanya dihuni oleh suami istri kemudian bertambah dengan anak atau menambah penghuni rumah. Sehingga, rumah bisa bertumbuh sesuai dengan demand si pemiliki rumah,” kata Ameria.

Selain konsep rumah tumbuh, SobatBangun juga menawarkan konsep Rumah 2.0, yaitu rumah yang didesain dan dibangun sehingga dapat menghemat energi, baik dengan menggunakan sumber energi alternatif atau dengan mengaplikasikan desain rumah dengan cahaya natural, serta aliran udara yang optimal.

Pada platform tersebut proses membangun rumah dapat dilakukan di aplikasi one stop solution mulai dari memilih desain, konsultasi dengan arsitek, mencari pembiayaan rumah, mencari partner kontraktor, hingga pengawasan dari pembangunan rumah itu sendiri.

“Untuk mendukung layanan di SobatBangun, kami bekerja sama dengan pihak-pihak finansial yang terpercaya seperti Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank BTN, Bank BRI, dan Bank Muamalat. Selain itu, kami juga memiliki 20 desain yang dapat dipilih oleh potential home owner,”  pungkas Ameria.

Saat ini, SobatBangun telah memberikan pelayanan di daerah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Ameria mengatakan, dalam waktu dekat daerah pelayanan akan bertambah dan mampu mencapai seluruh Indonesia.

MARKETEERS X








To Top