Agate Perkenalkan Gim Batique, AJT Cognitive Tes untuk Anak

marketeers article
Agate Perkenalkan Gim Batique, Gim AJT Cognitive Tes untuk Anak (Foto: Agate)

Agate belum lama ini memperkenalkan gim Batique sebagai AJT Cognitive Test yang dikemas ke dalam sebuah gim khusus dibuat untuk mengidentifikasi keunikan kognitif anak usia 5-12 tahun. Gim Batique dikembangkan berdasarkan teori Cattle-Horn-Carrol yang telah teruji. Setelah melakukan seluruh permainan, Batique menghasilkan laporan komprehensif yang menunjukkan gambaran keunikan kognitif pemain sehingga memungkinkan orang tua dan pendidik untuk lebih mengenal anak dan potensinya, berinteraksi lebih efektif. Orang tua juga dapat merancang strategi untuk mengembangkan keunikan dan potensi anak serta menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sesuai keunikan anak.

Gim Batique atau Bakat Unique merupakan alat tes AJT Cognitive Test (AJT CogTest) yang dikemas dalam bentuk permainan yang dirancang agar anak dapat melakukan asesmen dengan metode yang lebih mudah, menyenangkan dan terjangkau. AJT CogTest adalah asesmen kognitif yang telah dinormakan kepada anak dan remaja di Indonesia untuk mengidentifikasi delapan kemampuan kognitif umum dan kognitif spesifik anak berdasarkan Cattle-Horn-Carrol (CHC). Alat tes ini memiliki keunggulan pada penggunaan berbagai perspektif dalam mengungkap kemampuan kognitif seperti biologis, perilaku tampak, neurologis sebagai gambaran ukuran kemampuan kognitif umum atau General Cognitif Ability (GCA).

Lewat aplikasi ini, para orang tua dapat mengetahui metode pembelajaran yang tepat, mengenali kebutuhan dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, mengidentifikasi strategi yang tepat untuk belajar, serta mendeteksi dini hambatan-hambatannya dalam belajar pada anak.

Batique merupakan tes kemampuan kognitif di Indonesia yang telah mempertimbangkan dan menggunakan keunikan konteks di Indonesia. Harapannya, platform ini menjadi instrumen terpercaya dalam mendeteksi potensi belajar di Indonesia.

“Sebagai sumber utama pendidikan anak setiap hari, orang tua yang dibekali game uji kognitif Batique bisa menyediakan lingkungan belajar sesuai dengan minat dan pola belajar Anak. Yuk, tahu cara hindari tantrum anak saat belajar pakai rekomendasi dari laporan Batique!,” ujar Lee Marvin, VP Enterprise Business of Agate dalam peluncuran laporan tertulisnya.

Gim Batique merupakan hasil kolaborasi Agate yang merupakan game developer Indonesia yang berkantor pusat di Bandung, Jawa Barat dengan PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) yang berkedudukan di Jakarta sebagai pemegang lisensi AJT CogTest bersama. Keduanya juga menggandeng Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta yang juga memberikan expert advisory.

“Tes untuk mengetahui potensi dan keunikan anak penting dilakukan ketika anak masih berusia dini agar orang tua dapat membantu mengembangkan diri anak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan kognitif anak. Harapan kami Batique dapat menjadi tolok ukur untuk lebih banyak institusi mengembangkan pengukuran yang valid dan ilmiah dengan melibatkan teknologi dalam pengembangan game yang bermanfaat,” jelas Wahyu Widhiarso, S.Psi., M.A sebagai perwakilan dari Universitas Gadjah Mada.

Melalui Batique, anak diajak untuk melakukan asesmen pribadi dengan cara yang berbeda dan menyenangkan. Anak akan dibawa ke dalam delapan mini games dengan misi yang berbeda-beda. Gim ini dapat diakses secara mobile dengan handphone berbasis android maupun ios, atau dengan personal computer maupun laptop.

Selama gadget dan koneksi internet tersedia, gim ini dapat dengan mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja, sehingga dapat menjangkau anak-anak di lokasi yang terpencil (remote) sekalipun. Tanpa harus melakukan tatap muka, anak dapat menjalani asesmen. Selama mengerjakan asesmen, anak dianjurkan untuk mengerjakannya di tempat yang kondusif, mengerjakan secara mandiri (tidak dibantu dalam mengerjakan asesmen) dan tidak mengganti device.

Delapan mini games yang ada di gim Batique mewakili delapan kemampuan kognitif, meliputi: (i) Comprehensive-Knowledge (Gc); (ii) Short-Term Working Memory (Gwm); (iii) Auditory Processing (Ga); (iv) Retrieval Fluency (Gr); (v) Processing Speed (Gs); (vi) Learning Efficiency (Gl); (vii) Visual Processing (Gv); dan (viii) Fluid Reasoning (Gf).

Konten dalam gim Batique dikembangkan melalui tahapan ilmiah dan memiliki norma dari anak-anak Indonesia yang telah divalidasi oleh psikolog dari PT Melintas Cakrawala Indonesia serta pakar dari Universitas Gadjah Mada. Batique telah dicoba oleh 1.200 anak dari seluruh Indonesia dengan net promoter score yang tinggi yaitu 62 untuk anak-anak dan 47 untuk orang tua yang terlibat dalam uji coba Batique sejak Oktober 2021.

Related