Ajak Jaga Kualitas Udara Indonesia, Garda Oto Gelar Uji Emisi Bersama

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
18 Desember 2021
marketeers article
Isu perubahan iklim menjadi salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan atau lebih dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) yang ditargetkan tercapai pada tahun 2030. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, Asuransi Astra menggelar kampanye bertajuk #IndonesiaLangitBiru melalui kegiatan Uji Emisi yang terselenggara berkat kerja sama Garda Oto dengan Bengkel Auto 2000, Minggu (12/12/2021).
Kegiatan uji emisi bersama yang menggaet 400 peserta dari pelanggan setia Garda Oto, anggota komunitas mobil, maupun masyarakat umum tersebut mengambil tempat di Grha Asuransi Astra. Kendaraan roda empat yang datang dalam kegiatan tersebut harus memenuhi syarat kewajiban uji emisi, yakni telah beroperasi setidaknya selama lebih dari tiga tahun.
Teknisi dari Bengkel Auto 2000 yang ditunjuk sebagai operator pelaksana uji emisi bersama Garda Oto kali ini, mengukur kadar Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan unsur gas buang lain. Nantinya, kadar unsur-unsur tersebut memberi informasi mengenai efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor yang sesuai dengan ambang batas ketentuan emisi.
Sebuah kendaraan yang mendapat hasil lulus uji emisi menunjukkan kondisinya masih prima dan layak digunakan, serta mengurangi beban pencemaran udara akibat sisa gas buang dari pembakaran ruang mesin. Kriteria kelulusan uji emisi sendiri bergantung pada tahun pembuatan mobil, bahan bakar, hingga bobot kendaraan (khusus bagi mesin berbahan bakar diesel).
“Selain sebagai bentuk layanan khusus bagi pelanggan setia Garda Oto, kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi menjaga kualitas udara di Indonesia,” kata Hendry Yoga, Chief Operating Officer Asuransi Astra.
Hasil lulus uji emisi tidak lantas membuat pengendara melepas tanggung jawabnya untuk merawat kendaraan secara berkala. Penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi, rendah sulfur, serta sesuai dengan kebutuhan spesifikasi kendaraan menjadi salah satu cara menjaga kadar emisi di bawah ambang batas maksimal.
Tidak hanya melakukan perawatan secara berkala serta menjaga pemakaian bahan bakar sesuai kebutuhan, pemilik mobil juga bisa meningkatkan rasa peace of mind dengan perlindungan risiko kerusakan dari asuransi. Garda Oto, yang sudah melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, bisa menjadi salah satu solusi perlindungan mobil.
Editor: Sigit Kurniawan

Related