Ajang MXGP Samota 2022 Perkuat Pengembangan Wisata Olahraga NTB

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
28 Juni 2022
marketeers article
Suasana lomba seri ke-12 MXGP 2022 di Sirkuit Samota, NTB (FOTO: Kemenparekraf)
Ajang balap motorcross kelas dunia MXGP 2022 merampungkan salah satu serinya di Samota, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022. Gelaran ini disebut memperkuat citra NTB sebagai daerah tujuan wisata olahraga di Tanah Air. Terlebih, sebelumnya wilayah tersebut sukses menjadi tuan rumah seri balap sepeda motor MotoGP dan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika.
Capaian sebagai tuan rumah bagi tiga ajang balap motor kelas dunia, termasuk salah satu seri MXGP 2022 di Samota, menguatkan posisi NTB secara global. Diharapkan dengan catatan tersebut, NTB dapat menjadi pilihan lokasi promotor olahraga dan berbagai ajang serupa untuk menggelar kegiatan sehingga mengembangkan potensi pariwisata setempat di masa mendatang.
“MXGP 2022 merupakan upaya mengangkat destinasi super prioritas untuk kawasan ini agar mencapai tataran kelas dunia. Khususnya pariwisata olahraga untuk kategori motorsport. Hal ini saya rasa tepat untuk digunakan sebagai momentum kebangkitan sekaligus membuka peluang usaha dan lapangan kerja (bagi warga setempat),” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam keterangan resminya.
Seri balap motor MXGP 2022 di Samota, NTB diiukti oleh 33 pebalap dari berbagai negara yang memperebutkan poin di klasemen kejuaraan dunia tahun ini. Sirkuit Samota di NTB menambah daftar lokasi di Indonesia yang pernah menggelar seri kejuaraan dunia motorcross ini. Sebelumnya, seri balapan MXGP pernah digelar di Palembang, Sumatera Selatan dan Semarang, Jawa Tengah.
Tim Gajser, pebalap asal tim Honda Racing, menyapu bersih gelar juara dalam seri ke-12 MXGP 2022 kali ini dengan finis terdepan pada dua sesi balapan Grand Prix. Gajser memimpin klasemen sementara pebalap dengan total perolehan 535 poin. Diikuti oleh Jorge Prado dari tim GasGas serta Jeremy Seewer yang membela Yamaha, di posisi kedua dan ketiga.
“Mudah-mudahan kita bisa menggelar kegiatan selanjutnya tidak hanya di Samota, Sumbawa tetapi juga di Lombok. Sebagai bagian dari upaya memajukan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat secara umum,” kata Zulkieflimansyah selaku Gubernur NTB, dalam keterangan kepada awak media saat menghadiri langsung balapan MXGP 2022 tersebut.
Agenda gelaran olahraga kelas dunia di NTB, belum terhenti setelah usai menjadi tuan rumah MXGP 2022 di Samota. Dalam waktu dekat Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi penyelenggaraan Shell Eco Marathon dan World Superbike 2022. Di luar kategori balap, NTB juga bersiap menyambut kejuaraan bina raga World Body Building Championship, seperti dilansir dari laman Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).
Editor: Ranto Rajagukguk

Related