Media

Akhirnya Instagram Rilis Format Horizontal Video di IGTV

Melalui IGTV, Instagram mempopulerkan format video vertikal. Melalui serangkaian pertemuan dengan beberapa kreator dan penonton IGTV, Instagram mendengarkan aspirasi tentang apa yang disukai dan apa yang harus ditingkatkan. Aspirasi tersebut mendorong berbagai pembaruan fitur IGTV.

Salah satu aspirasi adalah format video lanskap di IGTV. Banyaknya masukan ini mendorong Instagram akhirnya menambahkan dukungan untuk video dengan format lanskap, sebagai alternatif dari format video vertikal yang telah tersedia sebelumnya.

Awalnya IGTV memang identik dengan format vertikal. Namun, pada akhirnya Instagram meyakini bahwa IGTV merupakan tempat bagi kumpulan video terbaik, terlepas dari bagaimana cara video tersebut direkam,.

Peluncuran fitur yang memungkinkan postingan konten selain video berformat vertikal di IGTV ini merupakan hal yang sama dengan apa pernah dilakukan Instagram saat memungkinkan pengguna memposting foto dengan format lain selain ukuran 1:1 pada tahun 2015. Pembaruan tersebut pada akhirnya memungkinkan para pengguna mengembangkan kreativitas  dan meningkatkan interaksi.

Video vertikal merupakan format yang tepat bagi kreator yang ingin menjadi lebih dekat dan personal dengan penontonnya. Namun, video lanskap memiliki kelebihan tersendiri, terutama saat kreator ingin membagikan video tarian atau olahraga, yang memiliki banyak pergerakan dan terkadang menampilkan banyak orang dalam video.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top