Akselerasi Digitalisasi Indonesia, Telkom Gandeng Microsoft

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
11 Mei 2022
marketeers article
Foto: Telkom Indonesia
Mendukung langkah akselerasi digitalisasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menggandeng Microsoft sebagai mitra strategis perusahaan. Kesepakatan kemitraan ini sekaligus menjadi kelanjutan atas nota kesepahaman yang telah dilakukan sebelumnya pada Agustus 2021. 
Menjalin kolaborasi dengan Microsoft menjadi langkah Telkom sebagai penyedia layanan dan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Upaya ini untuk memperkuat portofolio dan meningkatkan kapabilitas perusahaan. Melalui kemitraanya dengan Microsoft, Telkom berupaya untuk mengakselerasi digitalisasi nasional Indonesia, memperkuat intelligent infrastructure, dan mempercepat transformasi digital TelkomGroup. 
“Membangun kemitraan dengan para Tech Giant seperti Microsoft merupakan salah satu inisiatif strategis Telkom dalam rangka penguatan portfolio, percepatan proses transformasi, serta meningkatkan kapabilitas digital perusahaan. Melalui kemitraan strategis dengan Microsoft diharapkan dapat membantu pengembangan bisnis Telkom, khususnya pada domain digital platform dan digital services,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis Telkom.
Melalui kemitraan yang dijalin, Telkom dan Microsoft akan berkolaborasi dalam pengembangan intelligent infrastructure nasional. Kerja sama yang dijajaki meliputi penggunaan aset-aset infrastruktur Hyperscale Data Center Telkom untuk mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia dan beberapa kegiatan operasional data center region Microsoft yang akan datang di Indonesia.
Selain pengembangan intelligent infrastructure, kemitraan ini juga mendukung Telkom serta anak usahanya untuk melakukan transformasi digital internal. Perusahaan akan mengakselerasi tingkat adopsi layanan berbasis cloud serta meningkatkan kompetensi melalui pelatihan dan sertifikasi Microsoft.
Hal ini diharapkan dapat membantu TelkomGroup untuk meningkatkan produktivitas karyawan, mengautomasi proses kerja, meningkatkan customer engagement dan mengefisiensi kegiatan operasional perusahaan.
Kemitraan ini juga bertujuan untuk mendukung realisasi visi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi digital agar dapat memajukan masyarakat dan memberdayakan ekonomi digital Indonesia. Kolaborasi ini sekaligus mendukung inisiatif yang diusung Microsoft, yakni Berdayakan Indonesia Microsoft.
“Bersama-sama, kami akan menjajaki berbagai peluang baru di pasar, dan memberdayakan organisasi di berbagai segmen industri dengan memanfaatkan infrastruktur yang Telkom. Harapannya, kolaborasi ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya terhadap digitalisasi Indonesia,” pungkas Ririek.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related