Alamanda Shantika, Perintis Aplikasi Gojek Jadi Komisaris Blue Bird

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
24 Juni 2022
marketeers article
Alamanda Shantika Santoso (FOTO: alamandas/Instagram)
Alamanda Shantika Santoso menyatakan bergabung dalam susunan manajemen PT Blue Bird Tbk sebagai Komisaris Independen. Penunjukan tersebut diresmikan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan di sektor transportasi itu yang digelar pada Kamis (23/6/2022). Bergabungnya Alamanda disebut sebagai permintaan langsung Komisaris Utama Noni Sri Ayati Purnomo.
Penunjukan Alamanda sebagai Komisaris Blue Bird diharapkan memberi dampak positif dalam membangun transformasi perusahaan di masa mendatang. Alamanda menuturkan alasan tersebut melalui unggahan di akun media sosial Instagram. Dia mengaku mengagumi sosok Noni, sehingga tidak dapat menolak ajakan untuk bergabung dalam perusahaan berlogo burung biru itu.
“Sudah lama saya sering berbagi panggung dengan Bu Noni dan Almarhum Pak Andeka (CTO Blue Bird). Saya selalu terkesima sampai saya selalu mencatat speech Bu Noni dalam satu kumpulan notes. Satu yang selalu saya ingat pesan beliau ‘Walaupun kita bertransformasi, tetap harus berpegang pada jati diri bukan hanya ikut tren’,” tulis Alamanda dalam unggahan yang dikutip Marketeers pada Jumat (24/6/2022).
Terkait penunjukan sebagai Komisaris Blue Bird, Alamanda mengungkap harapan dapat terjun langsung menjumpai pengemudi dan karyawan Blue Bird. Upaya untuk berbaur dengan pengemudi pernah dilakukannya, ketika masih membangun Gojek sebelum mengundurkan diri pada September 2016. Saat itu, Alamanda kali terakhir mengisi posisi sebagai Vice President People and Culture Gojek.
Dalam unggahan yang sama, Alamanda diketahui tidak dapat menghadiri langsung RUPST Blue Bird sebagai Komisaris Independen baru karena tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Bahkan, ia menunjukkan kondisi ruang inap yang ditempatinya, sembari menyampaikan apresiasi kepada sang ibunda yang turut mendampinginya di rumah sakit.
Saat ini Alamanda memegang kendali penuh terhadap usaha rintisan (startup) Binar Academy sebagai President Director. Posisi tersebut diembannya sejak tahun 2017 lalu, meskipun juga mendapat kepercayaan mengisi posisi penting di beberapa perusahaan lain. Termasuk sebagai Komisaris Independen di Mandiri Capital Indonesia dan Committee Member di grup Rumah Sakit Hermina.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related