Technology

Alibaba Aplikasikan Strategi OMNI di Taobao Maker Festival 2020

Photo Credits: Alibaba

Pandemi COVID-19 tak menjadi penghalang bagi platform social commerce milik Alibaba Grup, Taobao untuk menggelar event akbar tahunan mereka. Mengusung konsep OMNI, Taobao Maker Festival (TMF) 2020 digelar secara offline dan online.

Mengangkat tema ‘New Blood’, ada banyak hal baru yang ditawarkan TMF 2020, termasuk kombinasi acara online dan roadtrip, serta sistem peringkat.

Digelar selama tiga hari (10-12 Agustus 2020), Taobao akan meluncurkan pameran virtual yang didukung oleh Taobao Life, dunia virtual berbasis avatar 3D.

Pengguna Taobao dapat mengunjungi paviliun dengan enam tema menggunakan avatar unik masing-masing, serta berinteraksi dengan figur virtual pengguna lain hingga sejumlah selebriti yang ada pada platform ini.

Untuk pertama kali, pengunjung TMF juga tidak perlu hadir mengunjungi venue festival. Melalui roadtrip merchant, justru TMF yang akan berkeliling ke beberapa kota. Sejumlah merchant kreatif Taobao akan mengunjungi para peminat TMF melalui road trip ke empat kota, yaitu Hangzhou, Chengdu, Xi’an, dan Wuhan.

Photo Credits: Alibaba

Kota pertama yang dikunjungi oleh TMF adalah Hangzhou yang merupakan kota tempat kelahiran dan pusat kantor Alibaba.

Dalam roadtrip yang berlangsung selama 20 hari tersebut, sebuah truk besar akan disulap menjadi etalase berupa toko berjalan dengan sejumlah merchant yang menampilkan produk mereka di setiap kota yang disinggahi.  Di setiap pemberhentian, Taobao dan para kreator terpilih akan melangsungkan acara offline kecil-kecilan dengan tema yang disesuaikan dengan budaya dan warisan lokal kota setempat.

Kaifu Zhang, Taobao Category Operations Leader dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu menekankan komitmen Taobao untuk terus mendukung generasi kreator kreatif di Tiongkok melalui pembuatan konten.

“Kami terus memanfaatkan keahlian kami dalam strategi berbasis konten guna mendorong pengusaha muda dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memenangkan pasar dan di saat yang sama, memberikan pengalaman belanja yang lebih baik lagi bagi konsumen,” ujar Kaifu Zhang.

Photo Credits: Alibaba

Pada gelaran terdahulu, TMF memberikan penghargaan bagi para kreator di penghujung acara. Di tahun ini, Taobao Maker Festival mengubah penghargaan tersebut menjadi sistem rating, dimana para kreator terpilih akan mendapatkan dukungan berupa exposure brand dan sumber daya pemasaran.

Panel juri independen yang terdiri dari sejumlah pakar industri akan meninjau dan menilai merchant-merchant TMF yang telah berpartisipasi di ajang ini selama lima tahun terakhir.

Kemudian, mereka akan memberikan penghargaan berupa lencana digital dengan empat tingkat berbeda kepada sekitar 200 merchant terpilih. Produk yang terpilih akan mendapat kesempatan untuk tampil dalam fitur rekomendasi Taobao “Good Find” agar dapat mempromosikan dan meningkatkan visibilitas brand di mata konsumen.

“Sistem peringkat baru ini mendorong aspek orisinalitas dan kreativitas dari kreator. Dengan berpartisipasi di TMF, para merchant terpilih bisa mendapatkan dukungan spesial Taobao selama satu tahun penuh. Dukungan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis dan memperluas basis konsumen mereka,” kata Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group.

Sistem rating membantu Taobao untuk mengubah marketplace e-commerce yang tadinya hanya mengandalkan transaksi menjadi platform social commerce. Pengguna bisa menikmati sejumlah konten kreatif yang mendorong efisiensi penjualan dan loyalitas pembeli.

Beberapa fitur lain yang ikut mendukung transformasi ini adalah Taobao Live, Weitao (platform media sosial Taobao), video durasi pendek, mikro-blog, dan channel rekomendasi eksklusif ‘Good Find’.

Dari strategi berbasis konten ini, Taobao telah mencatatkan peningkatan signifikan dalam jumlah merchant kreatif yang bergabung di dalamnya. Hingga kini, Taobao telah memiliki 200 ribu merchant atau naik 200% dibandingkan 2018.

MARKETEERS X








To Top