Industry

Allianz Life Syariah Perkuat Literasi Wakaf pada Asuransi Syariah

Masyarakat terutama umat Muslim kerap bersedia melakukan amalan jariyah dengan wakaf yang bisa berguna untuk ibadah maupun kesejahteraan masyarakat umum hingga lintas generasi. Hal ini dilatarbelakangi oleh manfaat yang dihasilkan bila berwakaf, yakni pahala yang akan mengalir terus menerus.

Di Indonesia potensi wakaf  mencapai Rp 180 triliun per tahun. Namun jumlah akumulatif wakaf per Januari 2021 masih tergolong rendah, hanya Rp 819,36 miliar akibat literasi dan langkah berwakaf yang masih minim di masyarakat. Namun Badan Wakaf Indonesia (BWI) memprediksikan bahwa di tahun 2021 wakaf tunai akan menjadi wakaf yang diminati masyarakat Indonesia.

Melihat kondisi ini Allianz Life Syariah telah berkomitmen untuk mengajak masyarakat berbagi kebaikan melalui fitur wakaf pada produk asuransi jiwa unit link AlliSya Protection Plus.  Sejak 2019, perusahaan asuransi ini  melakukan edukasi kepada masyarakat dengan melibatkan berbagai lembaga pengelola wakaf seperti Nazhir yang terdaftar pada Badan Wakaf Indonesia (BWI).

“Literasi terkait wakaf masih tergolong rendah, sehingga kami terus mengajak masyarakat untuk mengenal wakaf di asuransi syariah.  Kami meyakini apapun yang diawali  dengan kebaikan dan diakhiri dengan kebaikan, akan memberikan manfaat bagi banyak orang,” ungkap Yoga Prasetyo selaku Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia pada Virtual Media Workshop Selasa, (03/08/2021).

Dana wakaf yang terkumpul kemudian akan dikelola oleh lembaga pengelola wakaf (nazhir) dan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan produktif yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Banyak manfaat dari wakaf lewat asuransi syariah, mulai dari bantuan uang, sekolah, dan lainnya.  

Menurut Mohamad Yusuf, Direktur I-wakaf, dana yang terkumpul akan dikelola dan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan dan program produktif yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Antara lain wakaf uang, wakaf produktif dengan mendirikan boarding school, serta wakaf proyek seperti membangun sumur wakaf. I-wakaf merupakan salah satu nazhir atau lembaga pengelola wakaf yang bermitra dengan Allianz.

“Kami mendukung inisiatif Allianz Life Syariah dalam memperkenalkan wakaf melalui asuransi syariah yang dapat memberikan kebaikan bagi masyarakat luas sambil mempersiapkan perlindungan diri dan keluarga.  I-wakaf akan terus amanah dan syariat mengelola wakaf,” tutup Yusuf.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top