Finance

Allianz Life Tumbuh Dua Digit pada Tahun 2019

Sumber: Allianz Indonesia

PT Asuransi Allianz Life Indonesia mencatat pertumbuhan bisnis positif sepanjang tahun 2019. Perusahaan ini meraih Gross Weighted Premium (GWP) Rp 13,2 triliun atau tumbuh 23,8%. Prestasi ini dilanjutkan hingga kuartal I 2020 yang menunjukkan pertumbuhan pada Weighted New Business Premium (10% premi tunggal + 100% premi tahun pertama) sebesar 27,6%, jauh mengungguli pertumbuhan pasar yang tercatat menurut -4,4%.

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia mengklaim bahwa inovasi dan perluasan bisnis secara digital berperan besar dalam pertumbuhan dua digit ini. “Strategi jalur multidistribusi yang kami terapkan terbukti berhasil menyediakan solusi utama dalam berasurasni. Layanan jadi lebih mudah diakses oleh nasabah sehingga pengalaman mereka dalam berasuransi lebih mengesankan,” katanya.

Dipaparkan lebih lanjut, sepanjang tahun 2019, Allianz Life telah membayarkan lebih dari 262 ribu klaim dan manfaat sebesar Rp 7, 8 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan 11,2% dibanding pada tahun 2018. Sementara dari tingkat rasio kecukupan modal (RBC) tercatat di posisi 340% per Desember 2019.

Lanjut ke raihan kuartal I 2020, selain mencatat kenaikkan pada Weighted New Business Premium, Allianz juga mencatat pertumbuhan Total Weighted Premium di angka 21,2%. Cui Cui, Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia mengatakan sepanjang awal tahun, Allianz terus menggenjot bisnisnya lewat peluncuran produk dan layanan baru.

“Data dari AAJI, mengatakan Allianz Life menempati pringkat satu untuk jalur distribusi digital. Prestasi ini akan dipertahankan lewat perkuatan lini digital Allianz, salah satunya dengan meluncurkan kanal layanan baru Allianz eAZy Payment dan Connect,” jelas Cui Cui.

Strategi digitalisasi Allianz memang membuahkan hasil. Jika dirinci, lini digital perusahaan ini mengalami kenaikan penggunaan yang cukup tinggi. Seperti Allianz Discover, yang menodrong pengajuan polis asuransi jiwa elektroknik (e-submission) yang naik 92% dan penerbitan polis eletronik yang meningkat 46% dari keseluruhan polis yang diterbitkan pada tahun 2019.

Editor: Eko Adiwaluyo

“Tahun 2020, semua sektor bisnis mengalami tantangan luar biasa. Namun, kami optimis akan terus tumbuh lewat solusi dan pengalaman unik dalam berasuransi untuk nasabah,” tutup Joos.

MARKETEERS X








To Top