Digital

Andy Jassy Segera Gantikan Jeff Bezos Pimpin Amazon

Sumber: 123RF

Jeff Bezos, pendiri sekaligus CEO Amazon mengumumkan pengunduran diri dari kursi jabatannya per tanggal 5 Juli 2021. Posisinya akan digantikan oleh Andy Jassy yang saat ini memimpin divisi cloud computing di Amazon Web Services.

Jeff Bezos memilih mengundurkan diri pada 5 Juli 2021 karena tanggal tersebut adalah saat berdirinya Amazon. Sampai saat ini, Amazon masih menjadi perusahaan perdagangan berbasis online terbesar di dunia.

“Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab yang dalam, dan itu semua menghabiskan banyak waktu. Ketika Anda memiliki tanggung jawab seperti itu, sulit untuk memperhatikan hal lain,” kata Bezos, seperti dikutip dari Forbes.

Walaupun begitu, Bezos tetap ikut terlibat dalam aksi-aksi penting Amazon. Selebihnya ia berencana untuk lebih fokus pada Day 1 Fund, the Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan bisnis lainnya.

Sementara itu, Andy akan mengambil peran sebagai CEO baru setelah Amazon mempekerjakan 500.000 karyawan baru. Total karyawan Amazon saat ini menjadi lebih dari 1,3 juta secara global.

Dikutip dari Forbes, pada tahun 2020, Amazon melaporkan keuntungan sebesar US$ 386 miliar, naik 38% dari tahun ke tahun. Angka ini didukung oleh divisi Jassy yang memimpin pasar dan menghasilkan pendapatan US$ 45 miliar. Selain itu, Andy juga bertugas dalam mengintegrasi dan mengembangkan konten hiburan setelah Amazon mengumumkan akuisisi studio film MGM senilai US$ 8,45 miliar.

“Andy terkenal di dalam perusahaan. Ia sudah bekerja dengan Amazon sejak tahun 1997 dan memimpin Amazon Web Services sejak berdiri tahun 2003. Sosok ini telah berada di Amazon hampir selama saya,” kata Bezos.

Bezos berusaha meyakinkan para investor bahwa perusahaan memiliki masa depan yang cerah di bawah kepemimpinan baru, Andy. Amazon akan terus berinovasi secara agresif, meskipun skalanya sangat besar.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top