Government & Public Services

Angka COVID-19 Meningkat, Sebagian Orang Jepang Pilih Pulang Kampung

Ilustrasi: 123RF

Lonjakan kasus COVID-19 semakin tinggi di Indonesia, total kasus positif sejak wabah masuk menjadi 2.615.529 orang, dengan total kematian 68.219 orang. Meski demikian, sebanyak 20.123 orang dinyatakan sembuh. Tercatat, total kasus sembuh menjadi 2.139.601 orang.

Menurut laporan per tanggal 12 Juli 2021, sebanyak 14 orang warga Jepang terkonfirmasi meninggal dunia akibat virus ini. Melihat lonjakan yang begitu tinggi, Pemerintah Jepang telah menyiapkan maskapai komersial negara itu untuk membawa pulang warganya di Indonesia.  Dilansir melalui Nikkei Asia, Pemerintah Jepang menyebutkan bahwa ini merupakan lanjutan dari permintaan warga Jepang di Indonesia atas kekhawatiran mereka mengenai penyebaran virus COVID-19, terutama varian Delta.

“Untuk melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan. Sehingga warga Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin dan sebanyak mungkin,” Kata Katsunobu Kato, Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Rabu (14/7/2021).

Sementara menurut pihak Kedubes Jepang di Jakarta, penerbangan yang dilakukan Rabu, 14 Juli 2021 diprakarsai oleh perusahaan swasta Jepang, bukan dari Pemerintah Jepang. Hal ini merupakan upaya dari perusahaan untuk menjamin keselamatan dari para pekerjanya yang berada di Indonesia.

“Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari pemerintah Jepang,” tulis keterangan pers Kedubes Jepang di Jakarta seperti dilansir dari Antara.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top