Lifestyle & Entertainment

Apa Jadinya Bila Fashion Show Diadakan Secara Virtual

Sumber: NUFF 2020

Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah direlaksasi, namun pembatasan penyelenggaraan acara yang menimbulkan kerumunan masih belum diperbolehkan digelar. Hal ini tidak menjadi alasan untuk Nusantara Fashion Festival 2020. Pagelaran busana ini justru dengan berani mengklaim akan menjadi gelaran busana virtual terbesar di Indonesia.

Didukung oleh Bank BRI, Nusantara Fashion Festival akan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UKM dan pegiat industri fesyen. Acara yang akan digelar pada 1-31 Agustus ini akan menghadirkan 75 karya perancang, label, dan UKM. Selain itu, acara ini juga menghadirkan 50 pembicara dalam Fashion Talk dan produk kolaborasi desainer dan brand lokal untuk lelang donasi.

“Peran UKM dalam industri fashion sangat besar. Lewat acara ini, Bank BRI mendukung kolaborasi ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi para pelaku UKM pasca pandemi COVID-19,” kata Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

NUFF 2020 menargetkan lebih dari 5 juta peserta pecinta fesyen dan desainer dari industri fesyen global. Handayani mengatakan, perubahan fashion festival menjadi gelaran virtual dapat mendorong potensi pemasaran fesyen khas Indonesia yang lebih luas.

“Kalau dulu, akan sangat sulit menghadirkan desainer atau pelaku industri mode dari berbagai negara untuk mendatangi acara-acara fesyen secara offline, dengan sistem pagelaran seperti ini, akan semakin mudah untuk pelaku industri mode untuk memasarkan produk khas Indonesia ke pasar global,” lanjut Handayani.

Dalam implementasinya, Ben Soebiakto CEO Samara Media & Entertainment menjelaskan bahwa gelaran busana ini akan memanfaatkan ekosistem online yang terintegrasi. Mulai dari live streaming sampai e-commerce. Sehingga, fungsi NUFF 2020 tidak hanya memamerkan, tapi sekaligus menjual produk-produk mode khas Indonesia.

Acara yang menggandeng Jay Subiyakto sebagai Creative Director dan Anton Wirjono sebagai Music Director ini akan menghadirkan gelaran busana yang interaktif via situs nusantarafashionfestival.com. Melengkapi pengalaman peserta, acara ini akan dilengkapi dengan sinematografi dan panggung khas gelaran busana megah.

“Bank BRI menargetkan acara ini sebagai pionir untuk menghadirkan acara-acara lain yang bisa lebih banyak menggandeng pelaku UKM di Indonesia. Sehingga, pelaku ekonomi kreatif bisa memiliki peluang untuk tumbuh sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tutup Handayani.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top