Automotive

Apa Strategi Bisnis Ford Tahun Ini?

Kompetisi menuntut pemain industri untuk terus berinovasi dengan cepat. Beban tersebut kian bertambah ketika kondisi industri sedang lesu. Seperti yang sedang dialami oleh para pemain industri otomotif. Salah satunya, agen pemegang merek (APM) Ford di Indonesia. Di tengah pelemahan industri otomotif dalam tiga bulan terakhir, Ford terus menunjukan inovasinya dan mengibarkan bendera kompetisi di pasar Indonesia. Pada tahun ini, Ford akan mengandalkan beberapa produk baru yang akan segera mereka luncurkan.
 
Jika melihat kinerja mereka pada sepanjang tahun 2014, Ford mencatatkan penjualan sekitar 12.000 unit. Angka ini naik 14% dibanding penjualan pada tahun 2013. Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto menyebutkan pertumbuhan penjualan tersebut, secara khusus didukung oleh peluncuran produk terbaru Ford Ecosport di kuartal kedua dan juga permintaan produk Fiesta serta Ranger. Selain itu, Ford juga meresmikan pembukaan tiga outlet baru untuk menambah jaringan penjualan dan purna jual bagi konsumen di Tanah Air, yaitu Ford AK Kelapa Gading, Ford Arista Bogor, dan Ford Mitra Yogyakarta. 
 
“Kami akan terus meningkatkan layanan purna jual melalui pembukaan beberapa outlet baru di Tanah Air, yaitu di Pontianak, kawasan BSD, Bintaro, dan Depok untuk pasar Jakarta. Sementara, di Bandung, bakal ada outlet Bandung Surapati yang merupakan outlet kedua. Lalu di Lampung, Palembang, dan Palu. Sedangkan untuk portofolio produk, Ford akan meluncurkan tiga produk baru, yaitu All New Everest – SUV tujuh penumpang, New Ranger dan juga New Focus,” jelas Bagus.
 
Bagus melanjutkan, semua itu akan dikemas dengan strategi global One Ford Plan. Termasuk, memberikan layanan purna jual, seperti pemberian garansi tiga tahun atau 100.000 kilometer (mana yang tercapai lebih dahulu) untuk setiap kendaraan Ford, layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) di tiap-tiap kota besar. Lalu, Ford juga menawarkan garansi pelayanan servis nasional di mana pun konsumen Ford berada di Tanah Air. 

MARKETEERS X








To Top