Technology

Apa Yang Dicari Orang Indonesia Soal Virus Corona?

SUMBER: GOOGLE

Virus corona mendominasi pencarian di Google. Semenjak Februari, pencarian mengenai virus corona meningkat hingga +260% secara global.

Banyak masyarakat Indonesia yang masih mempelajari tentang virus COVID-19. Penelurusan seputar gejala, bagaimana penyebarannya, pencegahan, hingga kabar terkini mengenai situasi di Indonesia meningkat secara signifikan.

Data dari Google Trends memperlihatkan, puncak minat penelurusan mengenai COVID-19 di Indonesia terjadi di pertengahan Maret 2020, dengan tren pertanyaan “‘bagaimana cara mencegah virus corona” melonjak hingga lebih dari 3.840% di bulan Maret.

Sedangkan selama tujuh hari terakhir (per 3 April), topik utama penelusuran seputar virus corona terus didominasi oleh penelurusan seputar gejala. Pertanyaan seperti “gejala-gejala orang yang terkena COVID-19” melonjak hingga lebih dari 9.800%.

Selain gejala dan penyebaran virus COVID-19, pertanyaan lain terkait virus ini juga banyak dicari seperti cara membuat hand sanitizer, masa inkubasi virus, hingga penyebab orang terpapar virus corona.

Bali kemudian menjadi provinsi yang paling sering mengakses informasi mengenai virus corona, mengingat daerah ini yang menjadi pertama terkena dampak ekonomi dari penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top