Apple Dikabarkan Bakal Rilis Manager Kata Sandi Bernama Passwords

marketeers article
Ilusrasi sistem keamanan dalam produk Apple. (FOTO: 123RF)

Apple kabarnya akan memperkenalkan manajer kata sandi baru yang terintegrasi dalam ekosistem perangkat mereka. Dikabarkan, widget baru itu akan disebut dengan nama Passwords.

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Apple untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan akses bagi penggunanya.

Dikutip dari Mashable pada Jumat (7/6/2024), manajer kata sandi ini akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses kata sandi mereka dengan lebih mudah dan aman.

BACA JUGA: Apple Rugi US$ 12,3 Juta karena Tertipu iPhone Palsu

Passwords akan terintegrasi dengan perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac, serta berfungsi dengan seamless pada Safari untuk autofill kata sandi saat login ke situs web dan aplikasi.

Salah satu fitur unggulan dari manajer kata sandi Apple adalah kemampuannya untuk menghasilkan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun pengguna.

Fitur ini bertujuan untuk mencegah penggunaan kata sandi yang lemah atau sering digunakan ulang, yang dapat meningkatkan risiko keamanan.

Selain itu, manajer kata sandi Apple juga mendukung autentikasi dua faktor, yang memberikan lapisan keamanan tambahan bagi akun-akun penting.

Pengguna juga akan menerima notifikasi jika kata sandi mereka terdeteksi dalam pelanggaran data. Dengan begitu, pengguna bisa segera mengganti kata sandi yang terancam.

BACA JUGA: Siri Bakal Dapat Pembaruan Besar-Besaran dengan Teknologi AI

Lewat manajer kata sandi ini, Apple berharap dapat memberikan solusi yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna dalam mengelola informasi login mereka, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan terhadap privasi dan keamanan pengguna.

Rencananya, Passwords akan dirilis pada saat Worldwide Developers Conference yang akan digelar pada 10 Juni nanti. Acara tersebut biasanya menjadi tempat bagi perusahaan merilis produk dan layanan terbarunya.

Selain Passwords, Apple dikabarkan juga akan merilis versi terbaru dari Siri. Pembaruan itu hadir dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terbaru.

Pembaruan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Siri dalam memahami dan merespons perintah pengguna, menjadikannya lebih cerdas dan responsif.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related