Uncategorized

Asia Marketing Day 2021 Hadir dengan Tema Filosofi Tradisional Bali

SUMBER: MARKETEERS

Pandemi COVID-19 masih melanda dunia. Namun, keinginan untuk bersilaturahmi dan membahagiakan orang-orang yang kita kenal tidak ada habisnya. Hal itulah yang mendorong Founder and Chairman MarkPlus Inc., sekaligus Honorary Founding Chairman Indonesia Marketing Association (IMA) serta Founder Asia Marketing Federation (AMF) Hermawan Kartajaya menjadikan hari ulang tahun Philip Kotler 27 Mei sebagai Asia Marketing Day (AMD).

Perayaan AMD pertama kali diselenggarakan pada 27 Mei 2020 dalam bentuk webinar yang bertepatan dengan 89 tahun Philip Kotler. Melalui acara tersebut Philip Kotler mengungkapkan rasa senangnya karena tetap bisa bersilahturami dengan para Marketeers di Asia terlepas dari situasi pandemi.

Berdasarkan kesuksesan acara tahun lalu, AMD pun kembali dihadirkan tahun ini dengan tema Tri Hita Karana Forever!.

“Tri Hita Karana sendiri merupakan filosofi tradisional untuk kehidupan di Pulau Bali. Dan, jika diterjemahkan berarti tiga penyebab kesejahteraan. Tiga penyebab itu jika dijabarkan adalah harmoni dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam atau lingkungan,” ujar Hermawan.

Acara AMD kali ini hadir berbeda tahun ini karena telah dikembangkan menjadi sebuah multievent yang dilakukan secara OMNI yaitu online dan offline. Pasalnya, tidak hanya merayakan ulang tahun Kotler yang ke-90, hari ini juga bertepatan dengan 10 tahun peresmian Museum Marketing 3.0 yang berada di Ubud, Bali. Museum ini merupakan museum yang terinspirasi dari buku yang ditulis oleh Kotler bersama dengan Hermawan dan CEO MarkPlus Iwan Setiawan.

Sejak 10 tahun hadir di Bali, Museum Marketing 3.0 yang berada di Komplek Puri Lukisan telah digunakan untuk sejumlah acara. Mulai dari Ubud Royal Weekend hingga sejumlah acara dari Kementerian Pariwisata. Dan, karena keunikan konten di dalamnya, museum ini juga dikunjungi banyak perusahaan yang ingin melihat bagaimana brand bisa menjadi daya tarik tersendiri.

“Di ulang tahun saya yang ke-90 ini, saya ingin berterima kasih karena acara ini banyak diterima dengan baik di Asia. Saya ingin mengucapkan kebanggaan saya bisa bekerja dengan Hermawan selama lebih dari 30 tahun. Saya juga ingin berterima kasih kepada keluarga kerajaan Bali karena telah membantu kami bekerja sama untuk membangun museum marketing ini,” tutur Kotler.

Acara AMD 2021 tidak hanya melibatkan Marketeers dari 18 asosiasi pemasaran Asia, tetapi juga melibatkan Asia Council for Small Business (ACSB). Selain itu, hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga sebagai salah satu pembicara di samping pembicara lain seperti Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, President AMF Kim Boo Jong dan President IMA Suparno Djasmin.

MARKETEERS X








To Top