Aston Villa vs Man City 1-0, The Citizens Terlempar ke Peringkat 4

profile photo reporter Agung
Agung
07 Desember 2023
marketeers article
Momen selebrasi di laga Aston Villa vs Man City. (FOTO: twitter.com/premierleague)

Pertandingan Liga Primer Inggris antara Aston Villa vs Man City berakhir dengan skor 1-0 untuk kubu tuan rumah. Kekalahan tersebut membuat klub yang dijuluki The Citizens itu terlempar ke peringkat empat klasemen.

Aston Villa menjamu juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City pada lanjutan pekan ke-15, Kamis (7/12/2023) dini hari WIB. Kedua tim bermain di Villa Park Stadium, Birmingham.

BACA JUGA: Luton vs Arsenal 3-4, The Gunners Menang Dramatis

Pertemuan antara Aston Villa vs Manchester City dapat dikatakan sebagai salah satu laga big match pada awal paruh musim Liga Primer Inggris 2023/24. Hal tersebut tak lepas dari posisi kedua tim di papan klasemen.

Sebelum bertanding, Manchester City berada di peringkat ketiga dengan raihan 30 poin dari 14 laga. Sedangkan Aston Villa arahan Unai Emery berada di posisi keempat dengan raihan 29 poin dari 14 laga.

Jalannya Pertandingan Aston Villa vs Man City

Secara statistik, tiki-taka Manchester City era Pep Guardiola masih belum terkalahkan. Termasuk saat bertanding di kandang Aston Villa, di mana The Citizens memegang kendali dengan penguasaan bola mencapai 54%.

Meski memegang kendali penguasaan bola, The Citizens mengalami kesulitan untuk menembus ketatnya lini pertahanan Aston Villa. Itu terlihat saat Erling Haaland dan kawan-kawan cuma bisa melakukan tiga tembakan, dan cuma dua yang tepat sasaran itu pun tidak berbuah gol.

Di sisi lain, Aston Villa yang mengandalkan skema serangan balik justru lebih banyak melakukan tembakan ke lini pertahanan Manchester City. Ollie Watkins tercatat melakukan 13 tembakan, di mana tujuh di antaranya tepat sasaran.

BACA JUGA: Napoli vs Inter Milan 0-3, Nerazzurri Geser Juve dari Puncak Klasemen

Dari tujuh tembakan tepat sasaran itu, cuma satu yang berbuah gol. Gol tersebut dicetak oleh Leon Bailey pada menit ke-74. Skor 1-0 itu bertahan hingga laga usai untuk kemenangan Aston Villa.

Kekalahan tersebut membuat Aston Villa naik ke posisi ketiga dengan raihan 32 poin dari 15 laga. Sedangkan Manchester City, sang jawara bertahan  Liga Primer Inggris musim sebelumnya, turun ke posisi keempat.

Susunan Pemain Aston Villa vs Man City

Aston Villa (4-4-2)

Emiliano Martinez (GK); Ezri Konsa, Diego Carlos, Pau Torres, Lucas Digne; Leon Bailey, Youri Tielemans, Douglas Luiz, John McGinn; Boubacar Kamara, Ollie Watkins.

Manchester City (3-2-4-1)

Ederson (GK); Kyle Walker, Ruben Dias, Josko Gvardiol; John Stones, Manuel Akanji; Bernardo Silva, Rico Lewis, Julian Alvarez, Phil Foden; Erling Haaland.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

    Related